SMAN 10 Samarinda Siap Cetak Siswa Berprestasi

SAMARINDA - Siswa-siswi SMA Negeri 10 Samarinda berhasil memberikan prestasi membanggakan bagi Kaltim.  Prestasi terbaru yang sukses diraih diantaranya medali emas  Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Bandung, medali emas kompetisi internasional International Competitions and Assesments for School (ICAS) di Australia dan medali emas Debat Bahasa Indonesia garapan Kemendikbud yang digelar di Bogor. 

“Keberhasilan anak-anak kita ini menjadi acuan dan ukuran bahwa anak-anak Kaltim mampu bersaing di tingkat nasonal, bahkan internasional,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim usai menerima siswa SMAN 10 Samarinda di Kantor Disdik Kaltim, Senin (28/10).

Prestasi yang diraih siswa SMAN 10 bisa menjadi motivasi bagi siswa yang lain,  bahwa siswa Kaltim mampu bersaing dengan provinsi di luar Kaltim. Menurut dia, anak-anak yang juara tidak hanya didominasi oleh anak kota, tetapi dari kabupaten. Hal itu mengindikasikan bahwa mutu pendidikan mulai menyebar. 

Dia berpesan kepada para siswa yang juara, agar terus mengembangkan potensi yang dimiliki. Sementara kepada kepala sekolah dan guru dapat terus mendorong siswa yang lain yang belum mengikuti kejuaraan untuk diberikan pembinaan, sehingga juga mampu meraih prestasi yang sama.

“Pembinaan secara teknis kami serahkan kepada kepala sekolah dan guru, disdik hanya memberikan motivasi dalam persiapan dan program yang dijalankan SMAN 10 Samarinda,” jelasya. 

Musyahrim berharap, sekolah yang berada di bawah binaan Pemprov Kaltim dapat menjadi motor penggerak dalam pelaksanaan lomba di tingkat provinsi. Menurut dia, prestasi yang telah diraih patut menjadi kebanggaan, namun para siswa diminta untuk tidak sombong.    

Karena itu, kepala sekolah dan guru diharapkan terus menggiatkan pembinaan, bukan hanya di bidang akademis, namun juga diimbangi dengan pembinaan karakter siswa. (jay/hmsprov)

///FOTO : Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim (batik hitam) bersama siswa  dan siswi SMAN 10 Samarinda yang berhasil meraih prestasi pada International Competitions and Assesments for School (ICAS) di Australia.(Ist)

Berita Terkait
Government Public Relation