Kalimantan Timur
SPP Wisuda Calon Wirausaha Pertanian

SAMARINDA – Memasuki usianya yang ke-50 tahun, Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Negeri Pertanian Pembangunan Samarinda kembali mewisuda calon wirausaha pertanian. Tidak kurang 110 siswa-siswi dua program studi (prodi agribisnis tanaman pangan dan hortikultura serta prodi agribisnis perkebunan) mengikuti pengukuhan lulusan SMK SPP.

Menurut Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim H Ibrahim, sekolah kejuruan ini telah banyak meluluskan tenaga terampil agribisnis pertanian. “Mereka ini adalah calon-calon wirausaha pertanian sebab memiliki kompetensi agribisnis tangguh dan mandiri,” katanya di Aula SMK SPP Samarinda, Rabu (9/5).

Diakuinya, pola pendidikan yang diterapkan boarding school dan sistem pendidikan lebih prioritas praktik lapangan mencapai 60 hingga 70 persen. Selain itu, sekitar 35 persen lulusan tahun ini sudah secara otomatis diterima di perguruan tinggi bidang pertanian tanpa melalui tes sebab nilai akademik kompetensinya di atas rata-rata.

Diantaranya, perguruan tinggi pertanian di Yogyakarta untuk program D4 beasiswa Kementerian Pertanian, Universitas Mulawarman dan Politeknik Pertanian Samarinda. “Anak didik kami memang disiapkan menguasai usaha tani dari perbenihan/pembibitan hingga budi daya dan hilirisasi (industri komoditi). Sehingga mendukung percepatan pembangunan pertanian yang dicanangkan Gubernur Awang Faroek Ishak,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur SMK SPP Samarinda Alimudin mengemukakan tahun ini pihaknya membuka prodi baru berupa prodi agribisnis peternakan. “Siswa-siswi kami ajarkan menguasai tata kelola pertanian mandiri baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan guna menjawab kekurangan tenaga pertanian ke depan,” ujar Alimudin. Pengukuhan dirangkai dengan penandatangan MoU antara SMK SPP dengan Dinas Peternakan Keswan Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan swasta. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation