Kalimantan Timur
Tanaman Hias Disiapkan untuk Tol

SAMARINDA - Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Benih Induk Hortikultura (UPTD-BBIH) Dinas Pertanian Tanaman Pangan  dan Hortikultura Kaltim terus mengembangkan berbagai jenis  tanaman hias untuk taman  jalan tol Balikpapan-Samarinda.
Hal ini dijelaskan Kelapa UPTD-BBIH Kaltim, Ir Refrimen usai mendampingi kunjungan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution ke kebun BBIH, Kamis pekan lalau (28/2).
“Jadi kita telah siap untuk menghias taman-taman di sepanjang  jalan tol Balikpapan-Samarinda kelak. Ada ratusan tanaman hias yang kita kembangkan dan siapkan untuk perbanyakan,” ujarnya.
Dijelaskan Refrimen, persiapan untuk menyediakan tanaman hias ini memang harus dilakukan seiring dengan pembangunan jalan tol. Karena pastilah tanaman hias yang dibutuhkan akan sangat banyak mengingat panjangnya jalan dan banyaknya segmen-segmen taman yang nantinya akan dibangun.
Di lahan seluas 35 hektar yang dikelola BBI Hortikultura, lima hektar diantaranya disiapkan untuk tanaman hias dan budidaya tanaman anggrek alam  atau spesies maupun  anggrek hibrida hasil silangan manusia.
Menurutnya, tanaman hias yang banyak jadi penghias taman adalah jenis palem, tanaman hias berbunga, tanaman hias berdaun indah dan tanaman hias jenis  pembatas jalan atau pagar taman.
“Prospek tanaman hias untuk taman ini menurutnya memiliki peluang usaha dan prospek yang sangat cerah karena masyarakat perkotaan telah sadar akan keindahan dan estetika lingkungan,” ujarnya.
Sementara itu, untuk bunga potong dan bunga hiasan seperti anggrek  dan melati, permintaannya juga terus meningkat. Sehingga, pihaknya telah menyiapkan bibit tanaman ini  untuk mengantisipasi permintaan pasar yang diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya.
‘Prospek tanaman untuk taman ini sangat cerah di masa mendatang. Begitupun dengan bunga potong dan bunga hiasan. Untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, kita telah siap mengantisipasinya. Sehingga, permintaan tanaman hias ini tidak didatangkan dari luar Kaltim,” ujarnya optimistis. (yul/hmsprov)
 

Berita Terkait