Kalimantan Timur
Transaksi Perdagangan Capai Rp12 Miliar

Penutupan Kaltim Fair 2014

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengaku bangga dengan kegiatan  Kaltim Fair 2014. Karena, pada tahun ini mampu menghasilkan transaksi perdagangan mencapai Rp12 miliar, selama pelaksanaan 17-20 April yang berlangsung di di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Saya berharap tahun depan transaksi dapat meningkat, sebagi bukti bahwa ajang ini berdampak positif bagi peserta dan pelaku usaha, terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi di daerah,” kata Mukmin Faisyal saat penutupan Kaltim Fair 2014 di halaman Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Senin (21/4).

Dia mengatakan capaian transaksi tersebut, lebih tinggi dibanding tahun lalu, yakni mencapai Rp9 miliar. Semua itu, karena intensitas pengunjung yang cukup besar untuk menyaksikan berbagai hal yang dipamerkan sejumlah stan.

Menurut Mukmin, Kaltim Fair merupakan ajang expo dan pameran hasil-hasil pembangunan yang digelar dengan tujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pencapaian kemajuan daerah selama ini.

Kegiatan ini, juga sekaligus juga sebagai media interaksi antara produsen dan konsumen, terkait penawaran berbagai  produk usaha, baik bersakala kecil (UMKM) maupun berskala besar, serta membuka peluang investasi bagi penanaman modal di berbagai sektor usaha.

“Pada hakekatnya, pembangunan juga merupakan hasil jerih payah, pengorbanan, perjuangan dan partisipasi semua lapisan masyarakat. Karena itu, wajar apabila hasil dari produk usaha masyarakat yang ditampilkan pada even seperti ini. Pembangunan yang dijalankan pemerintah juga sangat tergantung dari dukungan rakyat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perijinan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan, dalam ajang tersebut juga digelar lomba stan terbaik, yakni kategori SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim juara I diraih Dispora Kaltim, juara II Dinas Perkebunan Kaltim dan juara III Dinas Pertambangan dan Energi Kaltim.

Kategori stand terbaik di lingkungan swasta juara pertama  LNG Badak Bontang, juara II SMKK Migas Bontang dan juara III diraih PT PKT Bontang. Sedangkan untuk Kategori stand layanan publik terbaik juara kesatu  Diskominfo Kaltim, juara II Dinas Kesehatan Kaltim dan juara III Dinas Peternakan Kaltim.

Sementara itu untuk kategori stan kreasi terbaik, yakni juara I Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, juara II BPMPD Kaltim dan juara III Disperindagkop dan UMKM Kaltim.(jay/es/hmsprov).

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyerahkan penghargaan kepada Kepala BPMPD Kaltim Mohammad Jauhar Efendi, sebagai salah satu stan terbaik di ajang Kaltim Fair 2014.(fajar/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation