Kalimantan Timur
UN lancar Tahun Depan Pemprov Bantu Pengadaan Perangkat CBT

UN lancar Tahun Depan Pemprov Bantu Pengadaan Perangkat CBT 

 

SAMARINDA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) siap mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang akan menerapkan sistem computer based test (CBT)  dalam Ujian Nasional (UN) tahun depan.

“Persiapan UN tahun ini, khususnya yang menggunakan sistem CBT sudah tidak ada masalah. Hal ini berkat kerja keras semua pihak, terutama pihak sekolah, jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan Kabupaten/Kota,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali usai peninjauan UN di SMKN 1 Samarinda bersama Staf Ahli Bidang Pendidikan Sigit Muryono, Staf Ahli Bidang Kesra Pembedayaan Masyarakat dan Pencapaian MDG’s Halda Arsyad dan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim, Senin (13/4).

Sukses pelaksanaan UN menggunakan sistem CBT tahun depan untuk tingkat SMA dan sederajat harus menjadi tanggungjawab semua pihak. Koordinasi harus dilakukan dengan baik anatara pemerintah pusat dan daerah. 

“Penambahan perangkat untuk sistem tersebut dimungkinkan. Jika pemerintah pusat menerapkan 100 persen, maka Pemprov Kaltim siap beradaptasi. Apalagi saat ini 19 sekolah saat ini sudah siap menerapkan,” jelasnya.

19 sekolah yang siap melaksanakan UN mengunakan sistem CBT adalah SMKN 1 Samarinda, SMKN 5 Samarinda, SMKN 6 Samarinda, SMKN 7 Samarinda, SMPN 1 Samarinda, SMPN 2 Samarinda, SMAN 1 Balikpapan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 5 Balikpapan, SMA Muhammadiyah 2 Al Mujahidin Balikpapan, SMA Patra Dharma Balikpapan, SMKN 2 Balikpapan, SMKN 3 Balikpapan, SMPN 1 Balikpapan, SMA YPK Bontang, SMA YPVDP Bontang, SMPN 1 Bontang, SMP YPK Bontang dan SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara.

Sementara hasil peninjauan UN yang dilakukan kemarin, pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Kaltim secara umum berlangsung aman dan tertib. Baik yang menggunakan sistem CBT maupun manual.

Pemprov Kaltim memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Dinas Pendidikan Kaltim dan Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan persiapan dengan baik.   “Alhamdulillah pelaksanaan UN berjalan lancar, termasuk pelaksanaan sistem CBT. Ternyata pelaksanaan sistem baru ini banyak disukai karena dianggap  lebih mudah dan ringkas. Semua jawaban tinggal diklik di komputer dan tidak perlu menggunakan lembar jawaban manual," ujar Bere Ali.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim mengatakan pelaksanaan UN sistem CBT maupun manual tahun ini berlangsung tertib. Khusus sekolah yang telah menerapkan sistem CBT, evaluasi akan tetap dilakukan meski sebelum pelaksanaan UN evaluasi juga telah dilakukan.

“Ini baru permulaan.  Jika tahun ini sukses, maka diharapkan tahun depan masing-masing sekolah bisa menerapkan sistem ini dan pemprov siap mendukung pengadaan alat-alat tersebut,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

Foto : Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SMKN 1 Samarinda. (johan/humasprov)

Berita Terkait