Kalimantan Timur
Wagub : Tingkatkan Keimanan dan Gelorakan Semangat Kebersamaan

Hadiri peringatan 100 tahun Klenteng Setya Dharma Balikpapan

BALIKPAPAN- Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP memuji kiprah warga Tionghoa di Kalimantan Timur, khususnya di Kota Balikpapan untuk membantu menciptakan suasana rukun dan damai  di daerah ini. Kerukunan dan kedamaian itu menurut Wagub Mukmin Faisyal akan menjadi modal penting untuk mendorong laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi  Benua Etam.

Penegasan Wagub tersebut disampaikan, saat mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada acara Perayaan Ulang Tahun Klenteng Setya Dharma  ke-100 di Dome Balikpapan,  Minggu malam (22/3). Perayaan sangat meriah dihadiri ribuan warga Tionghoa di Balikpapan.

“Sampai saat ini Klenteng Setya Dharma tetap berdiri kokoh, padahal usianya sudah mencapai  satu abad. Ini membuktikan bahwa kerukunan antarumat beragama terjalin sangat baik di sini. Generasi Konghucu terdahulu telah membuktikan, bahwa mereka mampu merawat dan menjaga kerukunan serta mampu melestarikan keberadaan rumah ibadah ini. Ini patut menjadi panutan bagi generasi mendatang,”  seru Mukmin disambut aplaus ribuan warga Tionghoa.

Kepada warga Tionghoa yang sudah menjadi bagian dari warga Balikpapan dan warga Kalimantan Timur pada umumnya, pada kesempatan itu Wagub Mukmin Faisyal mengajak seluruh komponen warga Tionghoa untuk secara aktif bersama-sama pemerintah turut serta menuntaskan berbagai program pembangunan di daerah ini.

Perayaan 100 tahun berdirinya Klenteng Setya Dharma di Balikpapan ini menurut Wagub Mukmin Faisyal sangat tepat sebagai  momentum untuk memberikan pemahaman kepada generasi masa kini dan akan datang bahwa upaya generasi pendahulu telah mampu menjalin dan menjaga kerukunan hidup beragama dan antarumat beragama dengan baik.

“Mari tingkatkan keimanan beragama, kokohkan persatuan dan kesatuan dan gelorakan semangat kebersamaan membangun Kaltim untuk semua. Kita harus yakin, dengan kebersamaan, maka tantangan berat dan sebesar apapun, pasti akan bisa kita hadapi dengan baik,” pesan Wagub.

Di sisi lain,   Wagub mengatakan  perkembangan jaman pasti sangat dinamis. Karena itu, kegiatan keagamaan selanjutnya harus dikemas dengan baik agar mampu memberi kesan dan makna spiritual bagi umat dan khususnya para generasi muda, sehingga dapat hidup berdampingan dengan baik di tengah masyarakat Kaltim yang sangat majemuk.

Secara khusus Wagub Mukmin Faisyal memberi apresiasi kepada para sesepuh warga Tionghoa Balikpapan yang telah memberikan kepercayaan kepada generasi mudanya untuk  menjadi panitia pelaksanaan acara ini. Menurut Wagub Mukmin Faisyal ini pertanda baik bahwa kaderisasi telah berjalan baik di lingkungan warga Tionghoa di Balikpapan.

Di penghujung acara, Ketua Klenteng Setya Dharma Hindro Arie Wijaya, mewakili warga Tionghoa Balikpapan menyerahkan kenang-kenangan kepada Wagub Mukmin Faisyal dan sejumlah mantan pejabat Balikpapan lainnya, diantaranya mantan Walikota Balikpapan H Tjutjup Suparna dan Imdaad Hamid. (sul/hmsprov)

//Foto: Wagub HM Mukmin Faisyal menerima kenang-kenangan dari Ketua Klenteng Setya Dharma Hindro Arie Wijaya. (samsul/humasproiv kaltim).

Berita Terkait
Gubernur Serukan Budaya Berzakat
Gubernur Serukan Budaya Berzakat

18 Juli 2014 Jam 00:00:00
Agama

Kafilah Kaltim ke Jambi
Kafilah Kaltim ke Jambi

01 September 2014 Jam 00:00:00
Agama

Wagub: Masyarakat Ingin Semua Halal
Wagub: Masyarakat Ingin Semua Halal

25 Juli 2013 Jam 00:00:00
Agama

Baznas Salurkan Rp2,8 M
Baznas Salurkan Rp2,8 M

25 Juli 2013 Jam 00:00:00
Agama