Kalimantan Timur
Wagub : Tingkatkan kesehatan dan Silaturahmi

Olahraga Tradisional HUT ke-57 Provinsi Kaltim

SAMARINDA – Dalam rangkaian peringatan HUT ke-57 Provinsi Katim, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar lomba olahraga tradisional bagi karyawan di lingkup SKPD Pemprov Kaltim dan pegawai instansi vertikal.
Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal mengimbau agar momentum peringatan HUT ke-57 provinsi ini dapat  dijadikan upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran sekaligus ajang silaturahmi dan komunikasi melalui lomba olahraga tradisional masyarakat Kaltim.
Bagi jajaran Pemprov Kaltim diperlukan kinerja dan pengabdian ekstra serta ditekankan pentingnya meningkatkan sinergitas serta kekompakan lintas sektor, terutama  tahun 2014 ini merupakan era peningkatan Kinerja dan Prestasi.
“Lomba ini hendaknya dijadikan ajang silaturrahmi dan berkomunikasi antar sesama pegawai guna memicu peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Mukmin saat membuka Lomba Olahraga Tradisional di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (10/1).
Disebutkan sudah menjadi kewajiban bersama untuk memelihara dan menghidupkan kembali olahraga tradisional masyarakat. Agar tidak hilang karena kehidupan modern dan pengaruh budaya asing, sehingga tetap eksis dan menjadi warisan bagi generasi mendatang.
Sementara itu Kepala Dispora Kaltim H Sigit Muryono mengemukakan digelarnya lomba olahraga tradisional ini sebagai upaya mempertahankan, menyosialisasikan serta meningkatkan kegiatan olahraga tradisional masyarakat.
“Olahraga tradisional ini telah diamanatkan dalam undang-undang, sehingga kita berkewajiban untuk mempertahankan serta meningkatkan bahkan menyosialisasikannya. Momen peringatan HUT provinsi ini kita selenggarakan lomba olahraga tradisional khususnya bagi pegawai lingkup Pemprov Kaltim bersama instansi vertikal,” ujar Sigit Muryono.
Lomba olahraga tradisional yang digelar Dispora kali ini berupa Gebuk Bantal, Tarik Tambang dan Terompah Panjang (Bakiak) dirangkai dengan donor darah yang dilakukan para pegawai/karyawan lingkup Pemprov Kaltim.
Selain itu, masih dalam rangkaian HUT ke-57 Provinsi Kaltim maka pada Minggu (12/1) akan diselenggarakan Lomba Panjat Pinang di kawasan Tepian Mahakam sepanjang jalur Jalan Gajah Mada (depan kantor Gubernur Kaltim) yang digelar seluruh SKPD (minimal 2 pohon pinang per SKPD) yang diikuti dan terbuka bagi masyarakat umum. (yans/hmsprov)


 

Berita Terkait