Wagub Doakan Peserta UNBK Sukses

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi (Syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mendoakan peserta UNBK tahun ini di seluruh wilayah Kaltim bisa sukses semua. Doa dipanjatkan orang nomor dua Benua Etam ini mengingat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) segera dilaksanakan.

"Kuncinya sukses adalah dengan tekun belajar dan tidak lupa berdoa," katanya pada meresmikan tiga ruang kelas baru SMA Negeri 10 Samarinda, Kamis (14/3/2019).

UNBK maupun UNKP tepatnya akan dimulai 25-28 Maret 2019 untuk jenjang SMK sedangkan jenjang SMA/MA dimulai sejak 1-8 April 2019. Hadi berpesan agar para siswa yang akan mengikuti UNBK dapat mempersiapkan diri dengan belajar semaksimal mungkin. Seperti mengikuti pendalaman materi pelajaran, belajar sesama pelajar dan aktif terus bertanya kepada guru serta belajar sepulang sekolah.

Menurut dia, UNBK adalah kegiatan rutinitas yang digelar setiap tahun sehingga tidak ada hal yang istimewa. "Para siswa tidak perlu takut, apalagi sampai berlebihan. Sebelumnya kan kalian sudah mengikuti try out. Itu bekal dalam menghadapi ujian," tutur Wagub.

Hadi sangat yakin seluruh siswa di Kaltim sudah siap menghadapi UNBK karena masing-masing sekolah sebelumnya sudah mempersiapkannya sejak dini. Selain try out juga sudah dilakukan tes daya serap maupun berbagai kegiatan lain untuk mempersiapkan mental menghadapi UNBK. "Selain belajar juga jaga kondisi tubuh dan kesehatan. Jangan lupa minta doa restu orang tua," pesan Hadi Mulyadi.

Sebanyak 91.025 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan siap mengikuti UNBK 2019 di Kaltim. Jumlah tersebut terdiri SMP/MTs sebanyak 46.644 peserta, SMK 21.092 peserta dan SMA/MA 23.289 peserta. Sedangkan sekolah yang siap melaksanakan UNBK se-Kaltim sebanyak 883 unit terdiri SMA/MA sebanyak 214 sekolah, SMK 183 unit dan SMP/MTs 486 unit.

Selain UNBK, Kaltim juga siap melaksanakan UNKP. Terkait peserta UNKP baik SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se-Kaltim sebanyak 110.374 orang. Masing-masing dari SMP/MTs sebanyak 60.223 peserta, SMK 22.978 peserta dan SMA/MA 27.173 peserta. Sementara sekolah yang melaksanakan UNKP sebanyak 1.281 unit terdiri SMA/MA sebanyak 272 unit, SMK 216 unit dan SMP/MTs 793 unit.(mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation