Wajib Amalkan Pancasila

Wajib Amalkan Pancasila

Postcard Plt Sekprov Rusmadi

SAMARINDA-Setiap pegawai negeri sipil (PNS) wajib mengamalkan Pancasila dalam pelaksanaan tugas di lingkungan kerja. Pengamalan sila-sila dari dasar negara itu akan membentuk jati diri aparatur negara yang sesuai harapan masyarakat.

“Saya menilai sila-sila dalam Pancasila itu tidak boleh  tergoyahkan. Artinya, setiap tindakan, perbuatan dan pikiran harus berdasarkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila. Karena itu, wajib bagi setiap pegawai untuk mengamalkan Pancasila dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi, Selasa (30/9).

Satu keharusan bagi setiap PNS untuk mengamalkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila. Apalagi jika hal itu dikaitkan dengan kebijakan pimpinan Negara maupun pimpinan daerah untuk tetap setia terhadap Pancasila. 

Tetapi yang patut diingat setiap pegawai yaitu, setiap waktu yang dimiliki dalam melakukan aktivitas harus bermuara pada tujuan bernegara yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan serta Pancasila.

“Sepanjang kita memiliki integrasi nasional bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan Negara, maka setiap pegawai bisa melaksanakan pekerjaan secara profesional. Inilah momentum kesaktian Pancasila yang harus diamalkan setiap pegawai,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation