Infrastruktur Terminal & Dermaga Pelabuhan

DATA PERKEMBANGAN TERMINAL DAN PELABUHAN 2015

  • ANGKUTAN DARAT

Untuk memenuhi transportasidarat, kendaraan angkutan utama yang harus tersedia  adalahkendaraan bermotor. Menurut datayang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara RI Daerah Kalimantan Timur pada tahun 2014, jumlah kendaraan bermotor sebanyak 2.233.278 buah  dengan jumlah terbesar terdapat diKota Samarinda (29,41 persen).  yang harus tersedia adalah

Dilihat dari jenis kendaraan untuk mobil penumpang pada tahun 2014 jumlah terbanyak adalah jenis  Station Wagon yaitu 49.553 unit. Untuk jenis kendaraan mobil barang terbanyak adalah kendaraan jenis pick up sebanyak 89.011 sedangkan jenis mobil bus terbanyak jenis mini/microbus sebanyak 21.997  unit.

Jenis kendaraan sepeda motor  yang terbanyak jenis Sepeda Motor Solo sebanyak 1.971.629 unit.   Pada tahun 2014 jumlah kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan  dengan tahun sebelumnya yaitu dari 1.094 menjadi 1.041. Jumlah kerugian material dan korban juga mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Jumlah kecelakaan tertinggi terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mencapai 32,11 persen dari total kecelakaan di Provinsi Kalimantan Timur.

 

  • ANGKUTAN LAUT

Lalu lintas kapal antar pulau tahun 2013 melalui lebih dari lima belas pelabuhan yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Kapal tiba sebanyak 31.726 kapal dengan jumlah penumpang sebanyak 369.779 orang dan kapal berangkat 31.726 kapal dengan jumlah penumpang 290.611 orang. Bila  diamati dari lalu lintas kapal maka terbesar melalui pelabuhan di Samarinda, namun bila diamati dari lalu lintas penumpang terbesar melalui pelabuhan Balikpapan.


DATA PERKEMBANGAN TERMINAL DAN PELABUHAN 2014

  • SEKTOR ANGKUTAN DARAT

Untuk memenuhi transportasi darat, kendaraan angkutan utama yang harus tersedia adalah kendaraan bermotor. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara RI Daerah Kalimantan Timur pada tahun 2013, jumlah kendaraan bermotor sebanyak 2.013.727 buah dengan jumlah terbesar terdapat di Kota Samarinda (29,79 persen).Dilihat dari jenis kendaraan untuk mobil penumpang pada tahun 2013 jumlah terbanyak adalah jenis Station Wagon yaitu 66.563 unit. Untuk jenis kendaraan mobil barang terbanyak adalah kendaraan jenis pick up sebanyak 82.406 sedangkan jenis mobil bus terbanyak jenis mini/microbus sebanyak 21.896 unit.

Jenis kendaraan sepeda motor yang terbanyak jenis Sepeda Motor Solo sebanyak 1.814.713 unit.Pada tahun 2013 jumlah kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu dari 1.185 menjadi 1.094. Akan tetapi jumlah kerugian material dan korban mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Jumlah kecelakaan tertinggi terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mencapai 20,66 persen dari total kecelakaan di Provinsi Kalimantan Timur.

  • SEKTOR ANGKUTAN LAUT

Lalu lintas kapal antar pulau tahun 2013 melalui lebih dari lima belas pelabuhan yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Kapal tiba sebanyak 31.726 kapal dengan jumlah penumpang sebanyak 369.779 orang dan kapal berangkat 31.726 kapal dengan jumlah penumpang 290.611 orang. Bila diamati dari lalu lintas kapal maka terbesar melalui pelabuhan di Samarinda,namun bila diamati dari lalu lintas penumpang terbesar melalui pelabuhan Balikpapan.

  • SEKTOR ANGKUTAN UDARA

Sektor perhubungan udara selain dominan dalam melaksanakan mobilitas manusia dari suatu tempat ke tempat lain, juga merupakan salah satu sektor yang terkait erat dengan sektor pariwisata dalam mendukung perjalanan wisatawan ke suatu tempat.
Saat ini, transportasi melalui udara sangat memegang peranan penting. Di Kalimantan Timur, dimana di beberapa daerah merupakan daerah pengeboran minyak, batubara dan lainnya, memerlukan mobilitas angkutan udara yang tinggi antar daerah terutama untuk tujuan Jakarta. Dengan demikian, fungsi transportasi udara untuk kegiatan tersebut sangat vital.

Grafik 8.2. Lalu Lintas Penerbangan, 2008-2012


DATA PERKEMBANGAN TERMINAL DAN PELABUHAN 2013

Data Terminal Bus di Kalimantan Timur

Nama Kab / Kota
Terminal Sungai Kunjang Kota Samarinda
Terminal Samarinda Seberang Kota Samarinda
Terminal Lempake Kota Samarinda
Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan
Terminal Damai Kota Balikpapan
Terminal Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara
Terminal Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara
Terminal Loa Tebu Kota Bontang
Terminal Lingkas Kota Tarakan
Terminal Timbau Kab. Kutai Barat
Terminal Tanah Grogot Kab. Paser
Terminal Kuaro Kab. Paser
Terminal Tepian Batang Kab. Paser

Peti kemas dan Dermaga

1. Pembangunan Terminal Peti Kemas Kariangau dengan alokasi dana sebesar Rp. 713 Milyar bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan PT. Pelindo IV, sampai saat ini telah selesai pembangunannya dan sudah beroperasi serta telah diresmikan oleh Bapak Presiden. Untuk mendukung terminal peti kemas tersebut telah dibangun jalan akses dari Km 13-TPK Kariangau sepanjang 13,5 Km dengan 2 jalur 4 lajur, dimana saat ini permukaan jalan dengan konstruksi rigid pavement baru terbangun 12,85 Km dengan 1 jalur (sisi kanan) dan 1 buah jembatan dengan progress mencapai 82,65%.

2. Pembangunan sarana dan prasarana sungai dan danau meliputi pembangunan Dermaga Melak pada tahun 2012 telah tuntas pembangunannya. Sedangkan untuk Pembangunan Dermaga Tidung Pale pada tahun 2012 telah dilakukan pematangan lahan dan penyediaan pipa pancang dengan progres 100%. Rencana pada tahun 2013 dilanjutkan untuk pembangunan trestle dan dermaga.

Peta Pelabuhan Laut Kalimantan Timur