Kalimantan Timur
Kata Gubernur


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang di Website Pemerintah Provinsi Kalimantan Timut (Kaltim).

Kaltim berdiri berdasarkan UU No.25 Tahun 1956 dan diresmikan pada 9  Januari 1957. Sebelum dimekarkan dan terbentuk Kalimantan Utara (Kaltara)  pada tahun 2012, luas Provinsi Katim 194.489 km² yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia. Namun kini luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dengan populasi di tahun 2018 lebih kurang 3.6 juta jiwa.

Provinsi Kaltim Ibukotanya Kota Samarinda. Kota lainnya adalah Kota Balikpapan dan Kota Bontang, Daerah Tingkat II lainnya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan kabupaten baru hasil pemekaran Kutai Barat dan berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia Timur.

Pembangunan di Provinsi Kaltim saat ini sudah berkembang cukup maju, dan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 akan terus ditingkatkan dengan Visi “Membangun Kaltim Berdaulat”. Sementara itu program prioritas yang akan dilaksanakan terkait dengan grand design Kaltim dan rencana pembangunan jangka panjang seperti penanggulangan masalah kemiskinan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengembangan SDM, penanganan masalah sosial dan lainnya.

Pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan mendapat priorotas utama, di samping pembenahan infrastruktur untuk memudahkan konektivitas antarkabupaten dan kota hingga kawasan pedalaman. Tidak hanya perhubungan darat tapi juga konektivitas udara dari Kaltim ke provinsi tetangga akan dibuka dengan pembenahan sejumlah Bandar udara.

Ke depan, diharapkan segala bidang pembangunan di Kaltim dapat diwujudkan dengan baik dengan mendapat dukungan masyarakat luas, tidak terkecuali datang dari para investor dan kalangan dunia usaha, baik dalam maupun luar negeri.

Dalam Website ini Anda akan mendapatkan banyak informasi dan berita, bahwa Kaltim memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah  seperti minyak dan gas bumi, batu bara, hasil hutan, potensi perkebunan,  peternakan, perikanan dan pertanian dalam arti luas. Kaltim juga potensial di sektor pariwisata karena memiliki beragaman etnis, agama, dan seni budaya, peninggalan sejarah purba hingga modern serta kehidupan masyatakatnya yang khas.

Selamat menyimak, semoga bermanfaat.

 

Wassaloamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Gubernur Kalimantan Timur

Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si

Government Public Relation