Kalimantan Timur
Kata Gubernur


Melalui Website Pemprov Kaltim ini, Anda akan disuguhkan banyak Informasi dan Pengetahuan tentang Kaltim dari berbagai sudut pandang. Selamat datang di Website Pemprov Kaltim. Silakan menyimak dan semoga bermanfaat.

 

Kalimantan Timur (Kaltim) adalah salah satu Provinsi terluas di Indonesia, yaitu 129.066,64 km² Pada bagian barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Serawak Malaysia, Utara dengan Kalimantan Utara, Selatan dengan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Timur dengan Selat Makassar dan Laut Sulawesi. Kalimantan Timur dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1956 dan diresmikan pada tanggal 9 Januari 1957. Saat ini beribukota di Samarinda. Kota lainnya Balikpapan dan Bontang, sedangkan 7 daerah lainnya adalah Kabupaten / Kota lainnya adalah  Kutai Kartanegara, Paser, Berau, Kutai Barat, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu,.

Kaltim dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa dengan sumber daya alam yang cukup besar seperti minyak dan gas bumi, hutan dan hasil-hasil pertambangan yang selama ini memberi andil yang cukup besar bagi pembangunan Nasional.

Kini Kaltim bangkit maju membangun daerah mengejar kemajuan dari ketertinggalan di berbagai bidang. Pembangunan diarahkan pada Visi “Kaltim Maju 2018” yaitu; “Mewujudkan Kaltim Sejahtera yang Merata, Berkeadilan Berbasis Agroindustri dan Energi Ramah Lingkungan”, menjadikan Kaltim kini pembangunannya semakin pesat dengan hasil-hasilnya yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Karenanya, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyomo dalam suatu kunjungannya di Kaltim mengakui; “Kaltim bukan lagi sebagai The Sleeping Giant, tetapi sudah sangat maju dan pembangunannya berkembang pesat”.

Pembangunan dan Iklim Investasi, Ekonomi dan Perdagangan maupun sektor lainnya seperti, Pertanian dalam arti luas, Pariwisata dan lainnya terus digalakkan. 

 

Gubernur Kalimantan Timur

Dr. H. Awang Faroek Ishak