Kalimantan Timur
Dekranasda Berperan Memacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

SAMARINDA – Keberadaan suatu lembaga ataupun organisasi diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi pembangunan daerah. Demikian halnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim hendaknya mampu berperan optimal memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada pelantikan Ketua Dekranasda enam kabupaten dan kota di Convention Hall Samarinda, pekan lalu.

Menurut dia, lembaga seperti Dekranasda merupakan mitra strategis pemerintah dalam ikut memberdayakan pelaku usaha di kabupaten dan kota. “Bagi kami keberadaan Dekranasda turut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Khususnya mengoptimalkan sekaligus memberdayakan pelaku usaha yang bergerak di sektor kerajinan dan usaha kreatif,” kata Awang Faroek Ishak.

Guna mengoptimalkan kinerja Dekranasda, perlu dibangun sinergitas yang lebih membangun dengan instansi pemerintah daerah. Utamanya, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teknis terkait dengan pengembangan kegiatan kerajinan dan usaha kreatif.

Terpenting lagi lanjutnya, pengurus Dekranasda harus menyusun program kegiatan yang sinergis dengan program SKPD teknis terkait, sehingga kinerja lembaga lebih optimal dirasakan pelaku usaha dan hasilnya pun bisa lebih maksimal.

“Sinergi yang lebih baik perlu dibangun jajaran Dekranasda dengan lintas sektor pemerintah daerah, sehingga hasilnya lebih maksimal dan pemberdayaan pelaku usaha pun lebih optimal,” jelas Awang.

Diharapkan kinerja jajaran Dekranasda tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota mampu mendukung upaya percepatan penurunan angka kemiskinan dan terbukanya lapangan usaha dan lowongan kerja, sehingga menurunkan jumlah pengangguran di daerah.(yans/es/humasprov).

Berita Terkait