Pemilukada Aman dan Sukses

Pemilukada Aman dan Sukses

 

BALIKPAPAN – Jajaran Kodan VI Mulawarman dan Polda Kaltim menyatakan kesiapan untuk menjaga kemanan dan keutuhan NKRI serta menjaga ketertiban masyarakat, seiring dengan kian dekatnya pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Kalimantan Timur dan Kalimatan Utara.

Kesiapan itu disampaikan, Kepala Polda Kaltim, Irjen Pol Andayono saat membuka pelaksanaan Rapat Pimpinan TNI/Polri, yang berlangsung di Balikpapan, Selasa (5/5)  untuk membahas kesiapan Kaltim dan Kaltara menyukseskan Pemilukada yang dijadwalkan pada Desember tahun ini.

Dia mengatakan jajaran Polda Kaltim yang tersebar di sejumlah daerah tentunya sangat berkepentingan menyuksekan pesta demokrasi di daerah ini, karena hasil Pemilukada yang berkualitas akan berdampak pada legitimisi kepemimpinan dan tindak lanjut pembangunan daerah.

“Kita semua harus memiliki komitmen dan semangat yang sama untuk menyuksekan Pemilukada di daerah ini dan berupaya sebaik mungkin agar pelaksanaan berjalan lancar dan tanpa gangguan berarti,” kata Andayono.

Kendati demikian, Andayono mengatakan tentunya kesiapan jajaran Polda Kaltim memiliki keterbatasan, terutama yang terkait dengan personil, sehingga perlu dukungan dari jajaran TNI serta peran serta masyarakat, sehingga terjalin sinergitas yang kuat dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Dia juga menyebutkan ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatikan, terkait dengan menjaga keamanan dan  ketertiban masyarakat akhir-akhir ini, antara lain kejahatan konvensional berupa perampokan, begal dan lain-lain. Kejahatan transnasional berupa pedagangan manusia dan penyelundupan barang.

Selain itu juga peredaran gelap Narkoba, kegiatan terorisme, kejahatan yang merugikan negara, kejahatan lingkungan dan konflik sosial akibat pertentangan yang bersifat SARA (suku, agama, ras dan antargolongan).

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono menyatakan kesiapan jajaran TNI di lingkungan Kodam VI Mulawarman untuk membantu jajaran kepolisan, terutama dalam pengamanan Pemilukada di Kaltim dan Kaltara.

Dia mengatakan, jajaran Kodam VI Mulawarman tentunya selalu siap untuk membantu jajaran kepolisian daerah, bukan hanya di Kaltim dan Kaltara, tetapi juga di Kalimantan Selatan.

Dia menilai sinergi TNI dan Polri di daerah ini telah berjalan baik, termasuk dukungan pemerintah daerah, sehingga mampu menjadikan Kaltim selalu kondusif dan tentunya berdampak pada kenyamanan masyarakat melakukan aktifitas sehari-hari.

“Kita selalu siap mengawal pengamanan Pemilukada serentak di daerah ini, karena hal itu juga bagian dari tugas TNI untuk menjaga keutuhan NKRI dan tegaknya demokrasi di negeri ini,” ujarnya.

Dia berharap melalui pertemuan tersebut, tercipta persamaan persepsi dan komitmen untuk menjalankan tugas di lapangan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dan perlu disampaikan hingga ke tataran paling bawah.

Keberhasilan pelaksanaan Pemilukada di Kaltim tentunya akan berdampak signifikan terhadap kepercayaan lapisan masyarakat tentang kedewasaan rakyat dalam menghadapi berbagai perbedaan pada saat Pemilukada dan itu artinya merupakan keberhasilan seluruh rakyat Kaltim mengawal tegaknya demokrasi di negeri ini.

“Saya mengajak seluruh warga Kaltim dan Kaltara untuk menyukseskan tahap pemilukada, sebagai bukti kedewasaan masyarakat berdemokrasi,” kata Benny Indra Pujihastono saat menutup Rapim TNI-Polri itu. (santos/sul/hmsprov).

//Foto: Dari kiri: Kapolda Irjen Pol Andayono, anggota Bawaslu, Khairul Akbar, Ketua KPU Kaltim M Taufik, Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak, Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Penjabat Gubernur Kaltara, Triyono Budi Sasongko dan anggota KPU Kaltara Hairul Huda, usai Diskusi Panel pada Rapim TNI-Polri. (fajar/humasprov)

 

Berita Terkait