Tiga Kota Dominasi Nilai Tertinggi Hasil UN SMP


SAMARINDA - Dari 56.232 peserta yang mengikuti Ujian Nasional (UN) SMP sederajat tahun ini di Kaltim, tiga kota di Kaltim mendominasi perolehan nilai hasil UN tertinggi tahun ini. Tiga kota itu adalah Balikpapan, Samarinda dan Bontang. 

Peraih nilai tertinggi tersebut diraih  20 peserta, terdiri dari Balikpapan sebanyak 13 peserta. Kemudian Samarinda empat peserta dan Bontang tiga  peserta. Nilai hasil ujian tertinggi tersebut rata-rata diraih peserta dengan nilai Bahasa Indonesia 100, Bahasa Inggris 94.0, Matematika 100 dan IPA 100.

“Kami berharap nilai yang diterima para peserta UN tersebut dapat menjadi motivasi untuk mendaftar di pendidikan lanjutan yang lebih tinggi lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati di Samarinda, Senin (13/6).

Sementara untuk peserta dari kabupaten lainnya di bawah nilai rata-rata tersebut atau di bawah 94.0, sehingga tidak masuk dalam 20 besar daftar peserta yang meraih nilai tertinggi di Kaltim. Sementara, dari jumlah peserta yang mengikuti ujian, semua peserta lulus 100 persen.

Meski demikian, nilai hasil ujian bukan menjadi penentu kelulusan, tetapi bagaimana mutu pendidikan di masing-masing satuan pendidikan semakin baik dilihat dari nilai hasil ujian yang diterima masing-masing sekolah.

“Semua rekapitulasi nilai hasil ujian sudah kami sampaikan Kamis 9 Juni 2016 ke masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kaltim. Pengumuman hasil ujian disampaikan masing-masing sekolah pada Sabtu 11 Juni 2016,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation