10 Lulusan Terbaik SMU 10 Dapat BKC ke Amerika

SAMARINDA - Sedikitnya sepuluh lulusan terbaik di Sekolah Menengah Umum (SMU) Unggulan 10 Samarinda akan diberikan hadiah khusus dari Gubernur Kaltim dengan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di luar negeri terutama di Everett Community College (EvCC) America.

"Lulusan 10 terbaik dari SMU 10 akan kita kirimkan ke Amerika. Mereka akan kami berikan Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) tanpa harus mengikuti seleksi. Semua biaya yang biayai Pemda. Jadi, selama kuliah nanti, orang tua siswa tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak usai pertemuan dengan jajaran PKT di Lamin Etam Samarinda.

Awang menyebutkan bahwa Pemprov Kaltim tengah menyiapkan 100 siswa siswi asal Kaltim untuk belajar di Amerika setelah Pemprov Kaltim melakukan kerjasama dengan EvCC pada Kamis (3/3) lalu.

"Memorandum of Understanding (MoU) sudah kita lakukan dengan EvCC. Jadi, bulan ini sudah terbuka kesempatan bagi putra-putri Kaltim untuk belajar di Amerika," katanya.

Dalam pengiriman pelajar ke EvCC itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi khususnya siswa dengan usia minimum 16 tahun untuk setiap kampus dalam program yang terbuka untuk pelajar internasional dan menerima TOEFL dengan nilai 500 atau lebih dari hasil tes yang diuji oleh universitas di Kaltim.

"Mengenai TOEFL, saya sangat senang jika perguruan tinggi di Kaltim seperti Unmul dan Untag yang ada balai bahasanya telah diakui oleh mereka (EvCC). Jadi, tidak perlu TOEFL di luar Kaltim seperti UI dan UGM serta lainnya. Jadi, Unmul dan Untag sudah bisa memberikan rekomendasi," katanya.

Pemprov Kaltim dan Everett Community College (EvCC) sama-sama memiliki keinginan untuk menjalin hubungan kerjasama terutama dalam mendukung program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) dan pengembangan akademis serta pertukaran kebudayaan di bidang pendidikan dan bidang lainnya dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada Kamis (3/3) lalu di Kantor Gubernur Kaltim. (rus/hmsprov)

Berita Terkait
Guru Harus Disiplin
Guru Harus Disiplin

16 November 2017 Jam 08:19:17
Pendidikan

Gubernur Serahkan Penghargaan
Gubernur Serahkan Penghargaan

08 Mei 2013 Jam 00:00:00
Pendidikan

Government Public Relation