102 Anggota Saka Gerakan Pramuka Ikuti TC

102 Anggota Saka Gerakan Pramuka Ikuti TC

 

SAMARINDA – Tidak kurang dari 102 anggota Gerakan Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten dan kota se-Kaltim yang tergabung dalam sebelas satuan karya (Saka) mengikuti training center (TC) atau pemusataan pelatihan di Kwartir Daerah (Kwarda) Kaltim. 

Pemusatan latihan yang digelar selama tiga hari sejak 9-11 November ini dipusatkan di Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim dalam rangkaian menyiapkan peserta untuk mengikuti ajang nasional Peran Saka di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal, pemusatan latihan (training center) bagi 102 anggota Saka Gerakan Pramuka Kaltim yang berasal dari kabupaten dan kota se-Kaltim guna meningkatkan kekompakan dan olah terampil anggota Saka.

“Sebelum berangkat ke Kendari, adik-adik (anggota Saka Gerakan Pramuka) ini perlu diberi pembekalan dan pelatihan guna meningkatkan kekompakan, kemampuan dan olah terampil mereka,” kata Hatta Zainal usai membuka TC Peran Saka Nasional di Aula Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Senin (9/11).

Hatta mengakui prestasi anggota Gerakan Pramuka Kaltim utamanya yang tergabung dalam Saka telah banyak ditorehkan. Namun, ajang Peran Saka Nasional di Kendari hendaknya menjadi momen untuk lebih menunjukkan daya saing dan kualitas Kaltim di tingkat nasional.

“Adik-adik dalam mengikuti ajang nasional ini membawa nama daerah jadi kalian harus  mampu membangun kekompakan dan olah terampil dalam berbagai lomba nantinya. Namun, tetap dalam semangat kebersamaan dan persatuan untuk bangsa,” harap Hatta Zainal.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim HM Fachruddin Djaprie mengatakan TC sangat penting terutama dalam meningkatkan jiwa kepemimpinan, wawasan, rasa persatuan dan kesatuan.

“Training center ini sangat penting dalam meningkatkan kemampuan serta tambahan keterampilan khusus dan pengalaman terkait satuan karya. Utamanya, meningkatkan olah terampil dan ketangkasan lomba-lomba dalam Peran Saka Nasional,” ujar Fachruddin Djaprie.

Kontingan anggota Saka Gerakan Pramuka Kaltim sejumlah 102 orang akan mengikuti Peran Saka Nasional 2015 di Bumi Perkemahan Bahteramas Nanga-Nanga Sulawesi Tenggara selama sembilan hari sejak 12-20 Nopember 2015.

Kesebelas saka yang mengikuti even nasional di Kendari, Sultra terdiri dari Saka Bahari, Saka Bhakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bhakti, Saka Wira Kartika dan Saka Widia Budaya Bakti. (yans/sul/hmsprov)

///Foto: Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal bersama jajaran Gerakan Pramuka Kaltim dan peserta Peran Saka Nasional Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation