18.427 Peserta Ikuti UN SMA/MA se-Kaltim

Dayang Budiati

 

SAMARINDA - Sebanyak 18.427 peserta ikuti Ujian Nasional (UN), baik yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) jenjang SMA dan MA se-Kaltim. UN SMA/MA digelar 9-12 April 2018 diikuti 274 sekolah, terdiri dari UNBK 155 sekolah dan UNKP 119 sekolah. 

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Dayang Budiati mengatakan UN tahun ini, sebelumnya diawali peserta jenjang SMK yang dimulai 2-5 April 2018. Kemudian dilanjutkan jenjang SMA dan MA pada 9-12 April 2018. "Kita berharap anak-anak semua bisa menjawab. Apalagi, ujian ini adalah hal yang biasa dilakukan para peserta," kata Dayang Budiati di Samarinda, Minggu (8/4).

 

Dari pelaksanaan ini, Dayang meminta agar setiap orangtua untuk terus memberikan semangat kepada anak-anak mereka. Karena, nilai dari ujian ini tentu mendukung hasil ujian peserta ketika pengumuman nilai hasil ujian. Dayang mengatakan, ujian tahun ini, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) masih sama dengan tahun lalu, yaitu 55. Siswa yang mendapat di bawah nilai tersebut berarti belum mencapai kompetensi. "Memang nilai hasil UN tidak menentukan kelulusan. Tetapi, ini penting untuk standar bagi para peserta ketika akan melanjutkan pendidikan lebih tinggi, yaitu di bangku perkuliahan. Kelulusan dari satuan pendidikan bukan ditentukan dari nilai UN tetapi dari nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kelulusan ditentukan oleh satuan pendidikan atau pihak sekolah masing-masing," jelasnya.

 

UN salah satu tujuannya untuk pemetaan mutu pendidikan. Yaitu dengan melihat capaian SKL peserta (minimal 55). Jika lebih dari 55, maka mutu pendidikan di Kaltim semakin baik. (jay/sul/humasprov)

 

Pelaksanaan UN Tahun Pengajaran (TP) 2017/2018, Jadwal UN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018

Senin, 9 April 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Selasa, 10 April 2018 Mata Pelajaran Matematika.

Rabu, 11 April 2018 Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Kamis, 12 April 2018 Mata Pelajaran Satu Mata Pelajaran Jurusan Yang Diujikan, baik IPA, IPS, Bahasa maupun Keagamaan yang diujikan.

Berita Terkait