2016 Temindung Pindah ke BSB

2016 Temindung Pindah ke BSB

 

SAMARINDA - Akhir tahun depan Bandara Temindung dipastikan dipindah ke Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring. Saat ini kelanjutan pembangunan BSB terus dilakukan. Dimulai dengan peninggian atau pemadatan landasan bandara (runway) awal mencapai 3 meter dengan panjang landasan mencapai 2.250 meter. Selanjutnya akan kembali dilakukan pemadatan dengan agregat ketinggian 3 meter. Untuk proses pemadatan ini diperkirakan selesai dalam waktu enam bulan.

“Kami yakin pembangunan ini selesai tepat waktu. Akhir 2016 Bandara Temindung Samarinda bisa dipindahkan ke BSB,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (9/2).

Saat ini proses pembangunan bandara telah masuk pada pembangunan sisi udara yang dimulai sejak 15 Desember 2014 dilakukan kontraktor PT Waskita Karya, Hutama Karya dan Wijaya Karya. Diharapkan, setelah selesai pembangunan sepanjang 2.250 meter akan diperpanjang menjadi 2.500 meter.

Kehadiran bandara ini sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kaltim 2009-2018 hingga Kaltim memiliki sarana dan fasilitas infrastruktur yang lengkap, mulai laut, udara hingga darat demi konektivitas antarwilayah.

Zairin meyakinkan, agar masyarakat Kaltim tidak ragu terhadap program  pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, sebab diyakininya pemerintahan baru ini sangat mendukung program pembangunan Pemprov Kaltim.

Ke depan, BSB diharapkan memiliki fasilitas penunjang, sehingga menarik lebih banyak orang untuk datang ke Samarinda. BSB nantinya akan terkoneksi dengan 22 bandara lain di Kaltim, termasuk yang ada di Long Apung, Datah Dawai dan Yuvai Semaring, Krayan, Nunukan.

Khusus untuk sisi udara BSB, dibutuhkan alokasi anggaran mencapai Rp695 miliar (2015-2016). Sejauh ini, DPRD Kaltim memberikan dukungan sehingga diharapkan pembangunan BSB benar-benar bisa dituntaskan. 

“Tahun ini Pemprov Kaltim mendapatkan alokasi anggaran dari APBN mencapai Rp40 miliar untuk penyelesaian avron bandara yang telah dipadatkan. Karena itu, akhir 2016 kami yakin BSB sudah bisa operasional secara menyeluruh,” yakin Zairin. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation