7 Kabupaten/Kota Jalani Penilaian dan Pemeringkatan
SAMARINDA- Sedikitnya tujuh kabupaten dan kota menjalani penilaian dan pemeringkatan tingkat provinsi 2013. Tujuh kabupaten dan kota yang mengikuti, antara lain Kota Bontang, Kabupaten Berau, Nunukan, Tarakan, Malinau, Panajam Paser Utara (PPU) dan Kota Balikpapan.
Tujuan dari penilaian ini adalah untuk memperoleh penilaian yang obyektif, transparan dan akuntabel sehingga dapat digunakan sebagai dasar penetapan peringkat kinerja pelayanan publik dan pemberian penghargaan.
“Penilaian ini kami lakukan masing-masing kabupaten sebanyak tiga unit pelayanan, mulai dari rumah sakit umum daerah, pelayanan terpadu satu pintu dan pelayanan bidang pendidikan atau sekolah negeri yang dimiliki pemerintah kabupaten dan kota,” kata Kepala Biro Organisasi Yuswadi ketika dikonfirmasi baru-baru ini di Samarinda.
Menurut dia, penilaian dan pemeringkatan ini dilaksanakan selama dua tahun sekali. Untuk penilaia bagi kabupaten dan kota oleh tim provinsi dilakukan sejak 9 Juli 2013. Namun demikian, sebelum dilakukan penilaian dari tim provinsi, masing-masing unit telah dinilai di tingkat kabupaten dan kota.
Hasil dari penilaian yang dilakukan kabupaten dan kota tersebut, selanjutnya diverifikasi dan dilakukan validasi data oleh tim provinsi yang beranggotakan jajaran pejabat di Biro Organisasi Setprov Kaltim dan Perguruan Tinggi Negeri di Samarinda.
“Peserta yang mendapatkan nilai AA dari penilaian tim provinsi, maka berhak diusulkan tingkat nasional, guna menerima piala citra pelayanan publik (CPP) dari presiden. Sedangkan yang mendapatkan nilai A hanya menerima sertifikat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB),” jelasnya.
Selain intansi yang dinilai berhak menerima penghargaan, Bupati dan Walikota juga akan menerima penghargaan citra bakti abdi negara (CBAN), karena telah berhasil sebagai pembinan pelayanan publik di kabupaten dan kota.(jay/hmsprov)         
 
Berita Terkait
Government Public Relation