7 Koperasi Raih Penghargaan

 Koperasi Berprestasi Nasional

MEDAN–Sebanyak tujuh koperasi asal Kaltim meraih penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional dari Kementerian Koperasi. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Koperasi Syarif Hasan pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-67, di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara, Selasa (15/7).

Ketujuh koperasi tersebut, yakni Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Komura Samarinda, Koperasi Primkopad Kartika Aji Mustika Prima Korem 091/ASN Samarinda, Kopkar Pembangunan P0T PLN Samarinda, KPN Medika RSUD AW Syahranie Samarinda, Kopkar Tirta Mahakam PDAM Kutai Kartanegara, Koperasi Perkebunan Sawit Keham Lestari Kutai Kartanegara dan Kopkar PT KPC Kutai Timur.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim HM Djailani mengungkapkan penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Koperasi berdasarkan beberapa indikator penilaian. Diantaranya adalah sehat dan baiknya sebuah koperasi dilihat dari kemampuan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Untuk menjadi koperasi yang sehat dan baik, semua harus dimulai dari manajemen koperasi itu sendiri. Dalam artian koperasi yang aktif harus bisa melaksanakan RAT secara rutin setiap tahun. Karena, koperasi ditumbuhkembangkan dari anggota untuk anggota. Itulah mengapa RAT itu menjadi sangat penting,” ungkap Djailani.

Menurut dia, koperasi sebagai wadah ekonomi masyarakat yang menjadi soko guru ekonomi nasional harus terus aktif dikembangkan di seluruh pelosok Kaltim. Karena, koperasi bersama dengan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) mampu menjadi pilar perekonomian kerakyatan.

“Kita terus berupaya meningkatkan jumlah koperasi di Kaltim yang tentunya harus dibarengi dengan peningkatan kualitas koperasi, yakni bagaimana koperasi tersebut benar-benar dapat menyejahterakan anggotanya. Karena, keberhasilan pembangunan sektor koperasi tidak hanya dilihat dari jumlah unit koperasi yang ada, namun bagaimana koperasi yang ada itu sehat dan anggotanya sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi TKBM Komura Samarinda H Jaffar Abdul Gafar mengungkapkan penghargaan koperasi berprestasi 2014 ini merupakan penghargaan untuk ketiga kalinya yang diterima oleh Komura. Sebelumnya Komura juga menerima penghargaan pada Harkopnas 2007 di Bali dan 2010 di Surabaya.

“Apa yang sudah dilakukan berjalan dengan baik. Terima kasih kepada seluruh anggota Komura, pengurus dan pembina koperasi. Ini juga ditunjang dan dibantu oleh seluruh pihak, khususnya Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda. Dan kita akan terus berusaha menjadikan koperasi bersama anggotanya sebagai pelaku ekonomi utama di republik ini,” Jaffar Abdul Gafar.

Berdasarkan data dari Disperindagkop dan UMKM, jumlah koperasi di Kaltim pada 2013 sekitar 5.919 unit, dengan jumlah anggota sekitar 390.360 orang dan SHU (sisa hasil usaha) sebesar Rp590,499 miliar. Setiap tahunnya juga dilakukan pemeringkatan terhadap ratusan koperasi di Kaltim yang dikategorikan menjadi koperasi sangat berkualitas, berkualitas dan cukup berkualitas. (her/sul/hmsprov)

Berita Terkait