Ajang OPD Minta Bantuan Pusat


BALIKPAPAN -  Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II momentum daerah minta bantuan pusat. Sesuai tujuan pelaksanaannya untuk menyelaraskan sejumlah program strategis di berbagai kementerian dan lembaga dengan daerah.

Kepala Bappeda Kaltim H Zairin Zain mengemukakan program itu mulai infrastruktur fisik yang dikelola PUPR, perhubungan, pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan. Termasuk bidang pendidikan dan kesehatan serta membahas anggaran pembangunan nasional antara pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota.

Menurut dia, momen tersebut menjadi ajang pemerintah daerah menyampaikan program strategis yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2020. "Kita berharap pusat melihat program itu dan memberikan suntikan dana mendukung program yang dilaksanakan masing-masing OPD," katanya , Senin (4/3/2019).

Khusus Kaltim baik provinsi maupun kabupaten dan kota berkaitan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat. Bagi Zairin, jika memang pemprov dan kabupaten/kota akan menambah program pelaksanaan maka di event ini dapat disampaikan dengan jelas. "Terutama inovasi yang dibangun provinsi maupun kabupaten/kota. Jika dinilai bagus tentu pusat akan bantu pada 2020 nanti. Karena anggarannya atau uangnya ada," jelasnya.

Zairin menambahkan kegiatan pada 11-15 Maret di Balikpapan ini akan dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo dihadiri Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. (jay/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation