Akur Itu Sangat Penting


JAKARTA - Hubungan baik antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda sangat penting. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sangat penting sampai tiga kali.

"Untuk Indonesia maju, hubungan baik dengan Forkompinda itu penting sekali, penting sekali, penting sekali," kata Jokowi saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Rabu (13/11/2019.

Jika ada masalah di antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) maupun dengan pemerintah pusat, maka semua harus dibicarakan dan segera dicarikan solusi terbaiknya.

Jokowi mengingatkan, jika unsur Forkopimda tidak solid, maka mustahil visi Indonesia maju bisa diwujudkan. "Kalau ada satu saja unsur Forkopimda yang tidak akur, maka ini akan jadi masalah besar," ujar Jokowi. 

Mengapa demikian, karena menurutnya sukses visi Indonesia maju yang diusung bersama Wapres Ma'ruf Amin seluruh wilayahnya ada di daerah. Jika daerah maju, maka Indonesia akan maju. Tapi sebaliknya, jika Forkopimda tidak akur, maka sulit bagi daerah untuk maju dan sukses, karena hanya akan sibuk berkonflik. 

Gubernur Kaltim H Isran Noor sangat sependapat dengan Presiden Jokowi. Dan saat ini Kaltim sudah berada pada trek yang benar. "Saya sangat setuju dengan Presiden. Bahwa keharmonisan antara pemerintah daerah dan Forkopimda ini sangat penting. Begitu juga dengan kabupaten dan kota," tegas Isran.  

Contoh harmonisasi itu di antaranya terlihat dari keakraban antara Gubernur Isran Noor dan Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK. (sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait