Kalimantan Timur
Andi : Cegah Virus Corona Dengan Germas

SAMARINDA - Saat ini, dunia tengah disibukkan  dengan virus Corona yang telah merambah negeri tirai bambu tepatnya  di Kota Wuhan, China. Dimana virus  tersebut telah memakan ratusan korban meninggal dunia. Guna mencegahnya hal itu terjadi di maayarakat Indonesia khususnya Kaltim diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).   

Pelaksana  Tugas (Plt) Kepala  Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim  Andi M Ishak mengatakan  walaupun virus  Corona  belum masuk ke Indonesia khususnya Provinsi Kaltim. Namun kepada seluruh lapisan masyarakat selain waspada juga menerapkan prilaku hidup sehat dengan melaksanakan Germas. 

“Kasus virus Corona saat ini menjadi isu dunia  termasuk Indonesia  harus tetap kita waspadai serta melakukan antisipasi  melalui Germas. Dengan gerakan ini kita bisa menghindari berbagai macam penyakit,” kata Andi M Ishak usai menghadiri Rapat Koordinasi Kesiap-siagaan menghadapi Novel coronavirus (2019-nCoV), di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur  Kaltim, Kamis  (6/2/2020). 

Andi menambahkan Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat. Caranya tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan terus berprilaku hidup bersih dan sehat. Seperti membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan komsumsi makanan yang bergizi serta sehat.  

Andi sangat berharap masyarakat Kaltim  tidak panik dan tidak  terpancing isu-isu yang dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggungjawab terkait masalah virus corona.

Karena, Pemprov Kaltim bersama dinas dan instansi terkait sudah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk pencegahan masuknya wabah virus corona  di Kaltim.   

“Kami juga mengharapkan masyarakat  jangan cepat percaya informasi yang diterima tanpa mengetahui sumber dan kebenaran terkait dengan virus Corona. Termasuk jangan mudah dan cepat membagikan informasi yang didapatkan dari media sosial,” harap Andi.(mar/her/yans/humasprov kaltim)   

Berita Terkait