Awang: Keunggulan SDM, Kunci Daya Saing

Awang: Keunggulan SDM, Kunci  Daya Saing

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, visi pembangunan Provinsi Kaltim Maju 2018 adalah mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata, berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan, dengan salah satu misi yang dijalankan mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi.

  "Peningkatan kualitas SDM didasari pada kenyataan bahwa era globalisasi saat ini menuntut kemampuan daya saing yang kuat dalam penguasaan teknologi, manajemen dan SDM," kata Gubernur Awang Faroek Ishak di Samarinda belum lama ini.

  Menurutnya, kunggulan teknologi akan menurunkan biaya produksi, meningkatkan kandungan nilai tambah, memperluas keragaman produk, dan meningkatkan mutu produk., sedangkan keunggulan manajemen akan meningkatkan efektifitas dan efesiensi.

  Sedangkan dalam rangka pengembangan SDM, Pemprov Kaltim membuat kebijakan pendidikannya yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No.03 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur. Perda tersebut adalah pedoman yang pasti  untuk memperkuat payung hukum dalam penyelenggaraan dan pengelolaan dunia pendidikan di Kaltim.

   "Karena itu untuk mempersiapkan generasi penerus yang lebih baik di masa depan, harus bertumpu pada kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal sesuai dengan perkembangan jaman," ujarnya.

   Guna menciptakan SDM tersebut, harus kita siapkan mulai  saat ini,  sehingga mampu menghasilkan atau menciptakan generasi yang lebih baik dengan SDM yang memiliki daya saing tinggi dan mampu bersaing dalam skala nasional bahkan internasional, seiring dengan tun-tutan jaman dalam persaingan yang semakin ketat.

  "Keunggulan SDM merupakan kunci daya saing, karena akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan hidup, perkembangan dan kemenangan dalam persaingan," ujarnya.

  Terkait keberhasilan di bidang Pendidikan Dasar, Menengah hingga Perguruan Tinggi, tidak lantas membuat merasa sudah cukup puas dan didasari sepenuhnya bahwa daya saing SDM yang kita harapkan ke depan adalah SDM dengan daya saing tinggi pada level Pendidikan Tinggi, khususnya dengan basis keilmuan sains, teknologi, kedokteran dan pertanian.

  "Oleh karena itu, saya tegaskan agar setiap daerah Kabupaten/Kota dan seluruh Lembaga Pendidikan se-Kaltim harus mempunyai terobosan dan mampu menunjukkan dedikasi penuh untuk membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengembangkan pembangunan pendidikan dalam lingkup masing-masing, mulai pendidikan Dasar, Menengah hingga pendidikan di Perguruan Tinggi," imbau Awang.(sar/hmsprov).

 

Berita Terkait