Awang Nilai Rusmadi Paling Tepat, embangunan Kaltim Harus Dilanjutkan

AFI

 

SAMARINDA - Masa jabatan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal akan berakhir pada pertengahan Desember 2018. Hal ini menjadi catatan serius Gubernur Awang Faroek. Menurutnya, berbagai program pembangunan yang telah direncanakan sejak periode jabatan pertama (2008-2013) dan periode kedua (2013-2018) harus tetap dilanjutkan agar percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat tidak tersendat akibat perubahan kebijakan kepemimpinan daerah yang baru.

 

"Saya sangat gembira ketika mendengar Pak Rusmadi (Sekprov Kaltim) menyatakan siap maju menjadi calon gubernur. Menurut saya, Pak Rusmadi atau Cak Rus adalah sosok yang paling tepat untuk meneruskan kepemimpinan Kaltim setelah saya," kata Awang Faroek, Rabu (14/6).

 

Awang menyodorkan alasan untuk keyakinannya itu. Baginya, Rusmadi adalah sosok sederhana yang cerdas dan profesional serta memiliki kapabilitas sebagai pemimpin daerah. Sejumlah bukti diajukan Awang.  Saat Cak Rus dipercaya menjadi Kepala Bappeda Kaltim. Dua tahun berturut-turut pada masa kepemimpinannya di Badan Perencanaan Daerah itu Cak Rus sukses mempersembahkan Pangripta Nusantara dari Bappenas/Menteri PPN, tepatnya pada 2015 dan 2016.

 

"Itu artinya selama dua tahun berturut-turut Kaltim diakui secara nasional memiliki Bappeda terbaik di Indonesia. Sukses itu karena peran besar Cak Rus," kata Awang.

 

Bukan hanya itu, prestasi lainnya terus berdatangan, bak air mengalir. Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan sukses diraih Kaltim selama 6 tahun berturut 2009-2014. Gubernur pun menerima penghargaan Presiden RI melalui Men PAN RB.

 

April tahun Gubernur Awang Faroek bahkan menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha di Sidoarjo saat digelar peringatan Hari Otonomi daerah di Sidoarjo yang diserahkan Menko Polhukam Wiranto mewakili Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan karena Kaltim sukses mendapat nilai terbaik dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Sederet penghargaan lain dipersembahkan Kaltim tidak lepas dari peran besar Cak Rus dalam posisi sebagai Plt Sekprov Kaltim dan dalam posisi Sekprov Kaltim. "Kaltim juga menjadi provinsi yang memperoleh penghargaan informasi teknologi yang langsung diberikan Wakil Presiden tiga tahun berturut-turut. Penghargaan ini sangat penting karena di era reformasi saat ini Pemprov Kaltim telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik yang diukung sepenuhnya oleh KPID dan seluruh aparatur sipil negara lingkup Pemprov Kaltim. Peran Cak Rus juga sangat besar di situ," beber Awang.

 

Dalam komando Cak Rus, Kaltim juga berhak atas penghargaan Ombudsman RI dengan peringkat kepatuhan tertinggi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Penghargaan lain juga diterima dari Menkominfo kepada Gubernur Kaltim sebagai pelopor dalam pengembangan cyber provence di Indonesia, dengan penghargaan Top IT melalui Dinas Kominfo Kaltim.

 

Awang menambahkan,  di era reformasi saat ini terpenting pemerintah dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Hal yang selalu diarahkan oleh dirinya bersama Cak Rus dalam posisi sebagai Sekprov Kaltim. "Kalau bisa dimudahkan, jangan mempersukar. Hal itu kami buktikan dengan kehadiran BPMPTSP Kaltim. Bisa dibuktikan, pelayanannya cepat mudah dan transparan. Survei berbagai lembaga internasional bahkan menempatkan daya saing Kaltim di posisi ketiga nasional setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Sukses itu semua tentu tidak lepas dari peran besar Cak Rus," beber Awang lagi.

 

Lanjut Awang, masih banyak sukses yang telah ditunjukkan Rusmadi, baik dalam pembangunan biang infrastruktur, sumber daya manusia maupun pertanian dalam arti luas. "Itulah diantara alasan mengapa saya mantap mendukung Cak Rus maju. Kaltim perlu sosok yang tahu betul kondisi Kaltim dan memahami lebih banyak kemana Kaltim akan dibawa. Kita akan menggeser kekuatan ekonomi tak terbarukan menuju kekuatan ekonomi baru terbarukan. Dan Cak Rus memahami benar hal itu. Kita ingin Kaltim lebih baik, lebih maju dan rakyat Kaltim akan lebih sejahtera dengan kepemimpinan baru nanti," kata Awang seraya memungkasinya dengan kemungkinan Cak Rus berdampingan dengan Awang Ferdian Hidayat, Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kaltim. (sul/es/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation