Awang: Teladan Perempuan Kaltim

 Pelepasan Jenazah Helena Nontje Ngayoh

SAMARINDA-Kaltim berduka, istri mantan Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh, Helena Nontje Ngayoh meninggal 2 Maret 2015 Pukul 18.25 WIB di RS Siloam Jakarta. Setelah disemayamkan di rumah duka Jalan Lai Samarinda jenazahnya dimakamkan Ahad kemarin (8/3) di Pemakaman Sei Siring Samarinda Utara.

Helena Nonjte yang lahir 11 Desember 1948 di Desa Muara Bunyut, Melak, Kutai Barat meninggalkan empat anak, yakni Adrianus Inu Natalis Santo, Irena, Viktor Ari Yulian, serta Viktoria Meti.

Helena dikenal sebagai putri terbaik daerah yang sederhana dan sangat setia terhadap suami. Dari kepribadiannya itu, maka Helena patut menjadi suri tauladan bagi kaum perempuan di Kaltim.

“Ayah Ibu Helena adalah sahabat ayah saya. Sejak 1955-1959 bekerja di Barong Tongkok sebagai wedana. Jadi keluarga kami sejak kecil sudah bersahabat hingga beliau meninggal dunia. Helena semasa hidupnya sebagai istri dan juga pendidik yang baik selalu setia mendampingi Bapak Yurnalis Ngayoh menjalankan tugas sebagai aparatur pemerintah di daerah. Karena itu, Ibu Helena patut menjadi suri tauladan bagi para istri pejabat lainnya,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika melepas jenazah Helena Nontje Ngayoh.

Dalam riwayat hidupnya, Helena mengabdikan diri dalam dunia pendidikan sebagai guru. Dia pun selalu berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakat, termasuk lingkungan keluarga besarnya. 

“Ketika saya tanya satu per satu kepada anak maupun cucu beliau, ternyata semua menempuh pendidikan yang baik. Diharapkan anak dan cucu beliau dapat meneruskan bagaimana jiwa pendidik yang dimiliki Ibu Helena,” jelasnya.

Selain itu, Helena juga dikenal aktif di organisasi wanita, baik di lingkungan Pemprov Kaltim maupun organisasi masyarakat. Helena banyak memberikan sumbangsih pemikiran untuk pembangunan daerah. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: PENDIDIK YANG BAIK. Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ketika melayat jenazah Helena Nontje Ngayoh. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation