Badan Pusat Statistik Selalu Siap Jadi Mitra Pemerintah Daerah

SAMARINDA – Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim selalu siap untuk menjadi mitra pemerintah daerah dan kabupaten/kota untuk melihat, memiliki dan mempergunakan data statistik yang dihasilkan oleh BPS Kaltim sebagai acuan untuk pengelolaan program pembangunan.
Demikian dikatakan Plt. Kepala BPS Kaltim, H. Achmad Zaini saat Apel Peringatan Hari Statistik Nasional 2013 yang jatuh pada tanggal 26 September, di halaman kantor BPS Kaltim, Kamis.
“Semoga dengan peringatan Hari Statistik Nasional 2013, dapat merangkul semua pihak untuk membangun dan mengembangkan komunikasi, koordinasi dan sinergisitas yang positif antar instansi pemerintah pengguna data,” ujarnya.
Melalui tema “Dengan Semangat Hari Statistik Nasional Kita Wujudkan Data Statistik yang Akurat dan Terpercaya, Zaini berharap instansi pemerintah daerah di Kaltim dapat memanfaatkan data staistik sebagai bagian dari data-data yang telah dimasing-masing Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Dicontohkannya, BPS Kaltim memiliki data base untuk anak putus sekolah yang dapat digunakan oleh Dinas Pendidikan, data orang cacat yang dapat digunakan oleh Dinas Sosial, data petani yang dapat dipergunakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan ataupun data potensi desa yang dapat digunakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam membangun ekonomi dan kemandirian desa di Kaltim.
“Semua data tersebut kita miliki lengkap dengan nama dan alamatnya (by name by address). Walau tidak dipublikasikan secara umum namun data-data ini dapat diolah dan disajikan jika ada permintaan pengguna,” ujarnya.
Dalam peringatan Hari Statistik Nasional 2013 di Kaltim, diperingati dengan apel, sosialisasi ke masyarakat berupa pembagian souvenir di beberapa titik di Kota Samarinda, perlombaan olahraga dan perlombaan non olahraga.
“Kepada seluruh jajaran BPS di kabupaten/kota di Kaltim, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian dan komitmen yang luar biasa dalam menghasilkan data-data yang akurat dan terpercaya,” ujarnya.(yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation