Bandara SAMS Jadi Pusat Penerima Bantuan Logistik Luar Negeri

Meiliana

SAMARINDA - Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Dr Hj Meiliana mengungkapkan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) di Sepinggan, Balikpapan akan menjadi pusat penerima bantuan logistik dari luar negeri.

Hal ini diungkapkan Meiliana sebagai salah satu hasil dari Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah yang dipimpin Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. 

Rakor  yang dilaksanakan di Hotel Platinum  Balikpapan  dihadiri  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Basarnas RI Muhammad  Syaugi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim H Bera Ali, Walikota Balikpapan Rizal Efendi, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltim.  

Penetapan Balikpapan sebagai pusat penerima bantuan  logistik  dari luar negeri, kata Meiliana karena didukung keberadaan Bandara  Internasional SAMS yang memiliki letak geografis yang ideal untuk penyaluran bantuan, sehingga dijadikan penyangga utama dalam penyaluran bantuan dan penanganan korban bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Selain  sebagai pusat  penerima bantuan  logistik dari luar negeri bersama Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Balikpapan juga dijadikan basis evakuasi korban yang selamat. Oleh  karena  itu, Pemprov Kaltim sangat mendukung instruksi presiden agar Balikpapan menjadi penyangga bantuan untuk korban musibah bencana alam Sulteng," kata Meiliana di Kantor Gubernur, Rabu (3/10).

Sebagai basis evakuasi korban yang selamat dari Sulteng, Pemprov sebelumnya juga sudah membentuk Satgas Kaltim Peduli Bencana Sulteng,. Langkah yang dilakukan diantaranya dengan mendirikan tiga posko yaitu posko di Balikpapan (RSUD Kanujoso Djatiwibowo), posko di Samarinda (Distrik Navigasi)  serta mendirikan posko Kaltim di Kota Palu. Saat ini, Pemprov Kaltim juga mendirikan posko  di VIP Room Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai posko evakuasi korban selamat melalui Bandara SAMS Balikpapan.    

Selain menerima evakuasi korban gempa dan tsunami yang selamat, lanjut Meiliana Pemprov Kaltim juga siap menerima pasien rujukan dari Sulteng dengan mempersiapkan tiga rumah sakit Pemprov yaitu RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, RSUD AWS dan RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

"Pada dasarnya Pemprov Kaltim siap  menjadi penyangga utama baik untuk penerima bantuan logistik dari luar  negeri  maupun untuk bantuan  kemanusiaan, kesehatan dan yang lainnya dalam membantu korban bencana alam di Sulteng," kata Meiliana. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation