Belajar Perbankan Sambil Promosikan Derawan

* Pers Gathering Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Kaltim di Pulau Derawan

 

Jumat hingga Minggu pekan lalu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur menggelar pers gathering di Kabupaten Berau. Lokasi yang dipilih untuk forum diskusi dan kegiatan outdoor  jajaran Bank Indonesia bersama 20  wartawan media cetak dan elektronik di Kaltim itu adalah Pulau Derawan dan gugusan pulau di sekitarnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Ameriza M Moesa  memberi alasan mengapa forum diskusi dan pers gathering ini dilakukan di  Pulau Derawan. 

“Saya yakin rekan-rekan wartawan akan membantu pemerintah daerah mempromosikan Pulau Derawan dan gugusan pulau indah lainnya, setelah mereka menyaksikan langsung dan menikmati keindahan alam serta keindahan bawah laut  di sini.  Keindahannya memang sangat luar biasa,” kata  Ameriza.

Publikasi  dari hasil kerja  awak media yang mengikuti kegiatan  pers gathering ini diyakininya akan membantu  promosi Pulau Derawan dan sekitarnya kepada  wisatawan domestik dan mancanegara yang menggilai keindahan pantai dan keindahan bawah laut dengan snorkeling maupun diving  (menyelam).    

Pers gathering kali ini menurut Ameriza sangat tepat digelar di Pulau Derawan karena tidak lama lagi, tepatnya pada September mendatang akan digelar Festival Derawan 2013. Dukungan pers mempublikasikan keindahan Pulau Derawan dan pulau lain di sekitarnya, diharapkan memberi dampak besar demi sukses  pelaksanaan Festival Derawan dan sukses peningkatan jumlah wisatawan ke Pulau Derawan dan sekitarnya, di masa-masa yang akan datang.  Dukungan media dan seluruh stake holder di Kaltim juga diharapkan dapat memuluskan perjuangan penetapan Sail Derawan 2014.

Ameriza menambahkan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan ini, secara langsung akan berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara  Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Jakarta, Peter Jacobs yang secara khusus hadir di Derawan dan mengikuti seluruh rangkaian pers gathering ini mengakui keindahan Pulau Derawan dan pulau-pulau lain di sekitarnya.   Keindahan bawah laut Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki, menurut Peter  Jacobs sangat layak untuk terus dikenalkan kepada para wisatawan nasional maupun mancanegara. Tentu saja, pemerintah pun harus sigap dan cepat melengkapi sarana dan prasarana pendukung hingga memudahkan para pelancong hadir di kawasan destinasi unggulan Kalimantan Timur tersebut.

“Perbankan akan sangat tertarik untuk meminjamkan dana mereka, jika mereka melihat potensi pengembangan satu kawasan memang prospektif. Bank akan tetap menggunakan kalkulasi bisnis. Tetapi jika akses ke pulau ini semua bisa disiapkan dengan baik, saya yakin Perbankan  akan merespon  peluang ini dengan baik,” kata Jacobs.

Sedangkan terkait kegiatan pers gathering,  selama dua malam berturut-turut peserta mendapat penjelasan tentang tugas, fungsi dan  tangggung jawab Bank Indonesia (bank central), termasuk perwakilan Bank Indonesia  di daerah. Peserta juga mendapat  penjelasan tentang isu-isu strategis terkini terkait perbankan di Indonesia. Informasi dipaparkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ameriza Moesa dan  Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Jakarta, Peter Jacobs.

“Masyarakat kadang kala tidak mengerti, Bank Indonesia dianggap sama dengan bank-bank umum, padahal tidak demikian. Salah satu fungsi Bank Indonesia adalah mengendalikan  harga dengan kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya,”  kata Ameriza.

Untuk kegiatan outdoor, para peserta pers gathering berkesempatan menyisir tiga pulau di sekitar Derawan. Serbuan pertama  20 wartawan dan personil Bank Indonesia termasuk Ameriza Moesa dan Peter Jacobs dilakukan ke Pulau Maratua, kemudian dilanjutkan ke Pulau Kakaban untuk menyaksikan danau besar di atas Pulau Kakaban dan terakhir menuju Pulau Sangalaki melihat tukik-tukik (anak penyu) yang dilepasliarkan ke laut. Di semua pulau yang disinggahi, hampir semua peserta melakukan snorkeling untuk  menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya.

“Semua sangat indah. Rasanya saya tidak mau pulang. Keindahan bawah laut di sini sangat mengagumkan,” kata Awaludin Jalil, salah seorang wartawan. (sul/hmsprov)  

foto: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ameriza Moesa memberi penjelasan bersama Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Jakarta, Peter Jacobs. (ist)

Berita Terkait