BPN Kaltim Targetkan Penerbitan 18.700 Sertifikat Tanah Gratis

SAMARINDA - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kaltim Made Ngurah Pariatna menyatakan, tahun ini BPN Kaltim siap memberikan sertifikat gratis untuk 18.700 bidang tanah.   
Sertifikat tanah tersebut bermacam-macam, bukan hanya untuk program nasional (Prona), tetapi juga untuk restribusi tanah, petani, nelayan dan UKM. Bahkan, pada awal September ini, BPN Kaltim sudah bisa menyelesaikan 13.000 sertifikat.  
“Sesuai kebijakan BPN Pusat, bukan hanya Prona saja yang diutamakan untuk membantu masyarakat untuk mendapat sertifikat tanah. Guna mendukung hal itu, masyarakat diminta untuk memberikan data, terkait pengurusan sertifikat tersebut,” kata Made Ngurah Pariatna usai Upacara Peringatan Hari Agraria Nasional ke 53 di Halaman Kantor Kanwil BPN Kaltim, Selasa (24/9).
Melalui kebijakan Pemerintah Pusat, BPN Kaltim berkomitmen untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat ekonomi lemah agar memiliki sertifikat tanah yang sah dari pemerintah.
Program tersebut terus dilakukan dan setiap tahun realisasi pemberian sertifikat terus meningkat. Target BPN realisasi pembuatan sertifikat bidang tanah harus rampung akhir tahun ini.  
“Apa yang kami lakukan juga dipantau oleh BPN Pusat dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) untuk mengetahui apakah program-program ini berjalan atau tidak,” jelasnya. (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation