Kalimantan Timur
Catatan Gugus Tugas

Ist

Penambahan kasus positif Covid-19 pada Jumat (17/7/2020) menjadi yang tertinggi sejak pertama kasus ini terdeteksi pada pertengahan Maret lalu.

 

Penambahan kasus positif sebanyak 43 orang, sementara pasien sembuh 18 orang. Maka terjadi penambahan 25 pasien yang harus dirawat. Total pasien Covid-19 dirawat hingga Jumat kemarin mencapai 254 pasien.

 

Kondisi ini menjadi catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim dan kabupaten/kota untpuk menekan  penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas dan mengancam lebih banyak orang.

 

"Tambahan signifikan kasus positif Covid-19 ini menjadi catatan Gugus Tugas. Kami harus berpikir dan bertindak lebih keras agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Sabtu (18/7/2020).

 

Kewaspadaan juga dilakukan Gugus Tugas di Kabupaten Kutai Timur. Mereka melakukan rapat evaluasi di Kantor BPBD Kutai Timur di Jalan Soekarno Hatta Desa Singagembara, Kecamatan Sangatta Utara.

 

Salah satu hasil rapat adalah Gedung BPKAD Kutai Timur akan disiapkan untuk menjadi rumah karantina. Selain itu dana penanganan Covid-19 Kutai Timur  masih tersedia sekitar Rp30 miliar.

 

Satpol PP setempat juga akan menggencarkan patroli penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum.

 

"Perusahaan-perusahaan di sana juga diminta membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 ini," kata Yudha.

 

Sementara BPBD sebagai bagian dari Gugus Tugas Kaltim melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A). 

 

"Kami juga distribusikan APD ke Puskesmas Karang Asam dan Bantuas," tambah Yudha, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kaltim itu. (sul)

Berita Terkait