Chemist Fun Days Dukung Peningkatan SDM Kaltim

Olimpiade Kimia se Kaltim dan Kaltara 2015

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim memberi apresiasi kepada Universitas Mulawarman (Unmul) yang setiap tahun melaksanakan olimpiade kimia. Dengan motto chemist fun days 2015 atau hari kimia yang menyenangkan, diharapkan kegiatan tersebut mampu mendukung Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas pengetahuan sumber daya manusia (SDM) di Kaltim maupun Kaltara.

“Kegiatan ini sangat sejalan dengan upaya Pemprov Kaltim untuk memajukan dan meningkatkan kualitas SDM yang merupakan salah satu prioritas pembangunan Kaltim, selain peningkatan pembangunan infrastruktur dan pembangunan pertanian dalam arti luas,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Pertanian, SDA dan Lingkungan Hidup, Sigit Hardwinarto saat membuka olimpiade kimia se-Kaltim dan Kaltara di Auditorium Unmul, Senin (2/2).

 

Menurut dia, ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Jika tidak mengikuti kemajuannya, maka masyarakat akan tertinggal dan menjadi tersisih dalam kompetisi kehidupan peradaban manusia yang kian mengglobal.

Karena itu, pelajar hingga mahasiswa jangan sampai ketinggalan, khususnya di bidang ilmu Kimia. Dengan ilmu kimia yang terus berkembang, para generasi muda harus dapat menyiapkan diri agar mampu berkarya, berkreasi dan bersaing dengan didasari kemampuan penguasaan ilmu yang memadai.

“Generasi muda harus terus berupaya meningkatkan daya nalar, kreativitas, berpikir kritis dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Salah satu indikator peningkatan mutu suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik, baik menyangkut substansi pelajaran maupun berkembangnya kreativitas, daya nalar, sikap dan budi pekerti generasi muda.

 “Cintailah pelajaran kimia. Tuntutlah ilmu pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin. Hiasi waktu dan hari-hari yang ada dengan kegiatan bermanfaat. Jangan sampai terlibat dalam pergaulan negatif yang akan dapat menghancurkan hidup dan masa depan, terutama penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Ketua Panitia olimpiade kimia Adi Wiguna Putra Bakti Tulus mengatakan jumlah peserta grand final olimpiade kimia tahun ini 126 orang. Adapun lomba yang dilaksanakan, terdiri dari olimpiade kimia, cepat tepat kimia, kompetisi karya tulis ilmiah kimia, olimpiade sains IPA terpadu dan ranking 1.

“Kegiatan ini khusus untuk jenjang SMA sederajat se-Kaltim dan Kaltara serta untuk jenjang SMP hanya diikuti peserta dari Samarinda,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation