Kalimantan Timur
Covid-19 Diharap segera Berlalu, Pemprov Kaltim Pulihkan Ekonomi Masyarakat

Foto : Dok. Humas

SAMARINDA- Pandemi Virus Corona (Covid-19) masih melanda seluruh dunia, tak terkecuali di Benua Etam Provinsi Kaltim. Penyebaran penyakit ini diharapkan cepat berakhir dan pertumbuhan ekonomi masyarakat bangkit kembali.

"Kita berharap virus Corona cepat berlalu. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi, sehingga kita bisa memulihkan kondisi yang terjadi ini," kata Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani ketika berkomunikasi bersama DPRD Kaltim, baru-baru ini.

Dikatakan, Pemprov Kaltim sudah menghitung bagaimana kekuatan Pemerintah Daerah dalam mengatasi permasalahan yang akan dan sedang terjadi. Mulai kesehatan maupun kebutuhan konsumsi masyarakat. Misal sembako maupun peralatan APD bagi tenaga medis di lapangan hingga tiga bulan ke depan.

Hanya saja, khusus logistik untuk kesehatan ada beberapa peralatan yang tidak mudah didapatkan. Tapi, Pemerintah Provinsi tetap menghitung berapa kebutuhan yang diperlukan rumah sakit provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi.

"Untuk pengadaan barang-barang atau logistik tersebut. Mekanismenya Pemprov Kaltim sudah berkordinasi dan berkomunikasi dengan BPK maupun KPK. Sehingga untuk pembelian atau pengadaan itu tidak berpikir dulu tentang harga. Yang penting jangan ada Mark Up atau memainkan kenaikan biaya," jelasnya.

Sedangkan untuk bantuan peralatan bagi rumah sakit di kabupaten/kota. Maka, Pemprov Kaltim juga mengalokasikan dana di Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. Sehingga bisa mengadakan logistik tersebut. Khususnya untuk alat pelindung diri dan rapid test.

"Pemberian bantuan bagi rumah sakit umum daerah yang ada di kabupaten/kota bisa dilakukan. Untuk antisipasi mereka dalam rangka penanggulangan Virus Corona," jelasnya.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga terus berupaya bagaimana mengatur dan membantu kebutuhan pokok masyarakat. Terutama kebutuhan sembako masyarakat.  Karena itu, Pemerintah Provinsi meminta data kepada Dinas Kelautan dan Perikanan, Disperindagkop dan UKM serta Dinas Sosial Kaltim untuk data masyarakat yang terdampak virus tersebut.

"Jadi tidak hanya kesehatan yang kita pikirkan. Tetapi bagaimana kebutuhan pangan masyarakat juga dipikirkan. Kita berharap kondisi ini cepat berakhir, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat juga kembali meningkat," harapnya. (jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait