Cruise Sungai Mahakam Harus Dikembangkan


 

Tingkatkan PAD dan Serap Tenaga Kerja

SAMARINDA - Cruise Sungai Mahakam yang telah dilanching Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak harus didukung semua pihak untuk dikembangkan, karena dapat menjadi pundi-pundi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltim serta dapat menyerap tenaga kerja.  

Awang Faroek Ishak mengatakan sektor pariwisata mampu bertahan dalam krisis ekonomi yang dialami daerah. Oleh karena itu  kesiapan Kaltim sebagai daerah tujuan wisata harus semakin ditingkatkan dan seluruh masyarakat Kaltim berkewajiban menyukseskan khususnya dalam pengembangan cruise Sungai Mahakam.

"Cruise Sungai Mahakam akan menambah PAD Kaltim. Saya minta Dinas Pariwiata Kaltim dapat mengadopsi Perda daerah lain yang sudah melaksanakan cruise sungai sebagai obyek wisata untuk pendapatan daerah. Dengan Perda tersebut nantinya akan manjadi dasar hukum bagi pemasukan daerah," papar Awang Fareok pada tour wisata menyusuri Sungan Mahakam, Rabu lalu.   

Cruise Sungai Mahakam diharapkan nantinya juga melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi. Khususnya untuk UMKM pangan dengan seluruh jaringan di hulu dan hilirnya, termasuk di dalamnya jasa catering dan rumah makan, khususnya kuliner tradisional nusantara.

Sambil menikmati keindahan Sungai Mahakam serta obyek wisata yang ada di tepian Mahakam, para pengunjung juga bisa menikmati jajanan tradisional nusantara, bukan hanya kue-kue dan kuliner khas Kaltim tetapi juga kue-kue tradisional daerah lainnya.

"Sehingga multiflier efek dari cruise  Sungai Mahakam, selain menjadi masukan PAD, menyerap tenaga kerja juga dapat membantu para UMKM kerajinan dan cinderamata  yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota  UMKM. Oleh karena itu dia meminta semua harus mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya melalui penjualan produk berciri khas Kaltim yang menarik. Baik berupa makanan tradisional dan hasil kerajinan lainnya," paparnya. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait