CSR Harus Dorong Kemandirian Masyarakat

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah menyerahkan cenderamata kepada perwakilan salah satu perusahaan tambang. (IST/BUDI)

 

BALIKPAPAN – Bantuan dana perusahaan melalui program corporate social responsibility (CSR) hendaknya berfungsi sebagai upaya mendorong kemandirian dan pemberdayaan masyarakat. Namun menjadi pertanyaan, apakah CSR yang diberikan selama ini sekedar untuk menunaikan kewajiban memberi (giving) atau cenderung hanya menonjolkan aksi sosial. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah pada Rembuk Pengelolaan Comdev/CSR di Balikpapan, Kamis (8/2).

 

Menurut dia, selama ini tidak sedikit perusahaan yang sudah menggelontorkan dana CSR dalam jumlah besar bahkan mencapai miliaran rupiah. “Namun faktanya, tuntutan dan ketidakpuasan masyarakat masih saja muncul,” katanya. Padahal dana CSR bernilai miliaran rupiah itu lanjutnya, bisa menjadi peluang untuk disinergikan mendukung program peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan. Gubernur mengingatkan agar program CSR berjalan lebih baik dimana perusahaan harus mendorong pelibatan masyarakat  dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program CSR. 

 

Selain itu, dirinya sangat berharap dukungan perusahaan untuk membantu pemerintah memecahkan permasalahan kemiskinan dan pengangguran di sekitar operasional perusahaan. “Saya tidak ingin mendengar lagi perusahaan pertambangan besar yang setiap harinya bisa mengeruk miliaran rupiah dari perut bumi Kaltim. Tetapi tidak jauh dari operasional perusahaan masih banyak warga miskin dan hidupnya bergantung kepada bantuan,” harapnya.

 

Gubernur meminta perusahaan terus meningkatkan kepuasan para penerima manfaat dengan penerapan program CSR yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Rembuk CSR dihadiri Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Susigit dan Kepala Dinas ESDM Kaltim Amrullah, pimpinan perusahaan pertambangan dan praktisi CSR di Kaltim. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation