Dekranasda Harus Gali Potensi Daerah

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Ketua Dewan  Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor   mengharapkan kepada  seluruh pengurus Dekranasda kabupaten/kota di Kaltim dapat   menggali potensi  daerah,  khususnya  produk unggulan maupun kreasi di daerah.

 

Kepada pengurus Dekranasda  kabupaten/kota  sekarang ini dibutuhkan  kerja yang nyata,  tidak hanya seremonial, tapi harus ditindaklanjuti dengan kerja yang nyata untuk dapat membantu masyarakat di daerah maupun yang di pedesaan," kata Norbaiti kepada tim Publikasi  Biro Humasprov Kaltim, beberapa hari lalu.

 

Dengan menggali keunggulan dan potensi daerah Norbaiti mengharapkan dapat meningkatkan  kesejahteraan masyarakat sekaligus ikut membantu memperkenalkan ke masyarakat agar nantinya hasil karya mereka laku di pasaran.

 

"Kami harapkan Dekranasda  kabupaten/kota untuk dapat berbuat secara nyata menjalankan fungsinya dalam menggali potensi dan memajukan produk unggulan di Kaltim," paparnya.

 

Menurut Norbaiti banyak sekali kerajinan yang dimiliki setiap daerah. Tapi belum terintegrasi. Selain minimnya informasi, bisa juga minimnya pemasaran. Ini tugas Dekranasda kabupaten/kota maupun provinsi.

 

"Dekranasda dapat mengintegrasikan pelayanan jasa perbankan kepada pelaku UMKM. Perbankan diharapkan ikut melakukan jemput bola secara prioritas kepada pengrajin," tandasnya.

 

Selain menggali potensi daerah, Norbaiti juga  mengharapkan kepada Dekranasda kabupaten/kota bisa melaksanakan kreativitas dan inovasi produk.

 

"Dekranasda harus segera melakukan inventarisasi kerajinan dan produk unggulan yang ada di setiap kabupaten/kota, termasuk bekerjasama dengan OPD terkait," pinta Norbaiti. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation