Derawan Destinasi Wisata Dunia

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim mengandalkan Pulau Derawan dan sekitarnya, sebagai sumber daya dan modal pembangunan, khususnya pada sektor kepariwisataan yang perlu mendapat perhatian dan dikelola secara optimal untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Oleh karena itu menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Pemprov Kaltim mengusulkan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, agar Kepulauan Derawan bisa ditetapkan sebagai ”Kawasan Industri Pariwisata Nasional”, Pulau Derawan dan daerah lain di sekitarnya sebagai bagian dari “Destinasi Wisata Dunia”.
”Melalui Festival Derawan 2013, sudah bisa dibuktikan jika Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemkab Berau, jajaran Kepariwisataan Kaltim dan Berau, Panitia Festival dan para pihak lainnya yang terkait, mampu bekerjasama dan melaksanakan event kepariwisataan berskala Nasional dan Internasional ini dengan baik.,” ujar Gubernur.
Seperti diketahui, pelaksanaan Festival Derawan 2013 dimulai dengan rangkaian promosi pada tahun 2012, tepatnya pada Oktober sampai dengan Desember dengan kegiatan road show ke organizer-organizer Yacht yang ada Filipina, Malaysia dan Singapura. Soft Launching di Samarinda, seminar di Jakarta, dan Talks Show di Televisi.
Selanjutnya pada 2013 ditandai dengan pembentukan Panitia Daerah, Rapat Koordinasi, Rapat Eva-luasi, Grand Launching di Kemenparekraf RI, Talk Show, Opening Ceremony hingga pelaksanaan kegiatan Festival Derawan 2013 yang dimulai pada bulan Juni sampai 20 September 2013.
Pada Festival Derawan 2013 ini antara lain digelar Live on Board dengan peserta 45 Penyelam dari berbagai negara, Kejurnas Selam diikuti 338 orang dari 16 Pengprov di Indonesia, Upacara Bendera 17 Agustus di Pulau Maratua, Yacht Rally diikuti 29 Kapal Yach dengan wisatawan 95 orang dari berbagai negara, kegitan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) Pramuka Saka Bahari dengan peserta sebanyak 1.103 orang. Terdiri dari 530 Pramuka se-Indonesia dan 573 orang di antaranya berasal dari Kaltim.
Selain itu, Festival Derawan 2013 juga dimeriahkan dengan Game Fshing Traditional Tournament yang diikuti 30 Peserta dan 30 Perahu dengan 3 jenis kategori. Semi-nar Coral Triangle Initiative dengan 200 orang Peserta dari berbagai kalangan, Expo dan Pameran dengan 45 stan dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian ada pula Pentas Seni dan Panggung Hiburan. Bhakti sosial berupa sunatan massal, operasi katarak dan bersih-bersih kampung.
Atas terlaksananya semua kegiatan dalam Festival Derawan 2013 ini, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya. Sementara itu, setelah pelaksanaan Festival Derawan 2013, akan diadakan evaluasi, baik dalam hal kepanitian maupun penyelenggaraannya, karena Pemerintah Provinsi Kaltim bertekad akan melaksanakan kegiatan serupa ini lebih baik lagi, di samping menjadikan momentum event ini sebagai pelajaran dan pengalaman untuk melaksanakan Sail Derawan.(hms/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation