Desk Pilkada Kaltim Terbentuk, Bantu Sukses Tahapan Pilkada

 

SAMARINDA - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim  Yudha Pranoto menyebutkan Desk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim sudah terbentuk. "Setelah mendapatkan instruksi dari Gubernur Kaltim Dr H Awang  Faroek Ishak, kita langsung membentuk Desk Pilkada sejak awal Januari lalu. Saat ini kami terus lakukan sosialisasi dan melaporkan situasi politik terkini di daerah," kata Yudha Pranoto,  akhir pekan lalu.  

 

Ditambahkan pembentukan Desk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim melibatkan berbagai unsur sumber daya manusia, dari Pemprov Kaltim maupun dari TNI/Polri. Sejak 15 Januari lalu, anggota Desk Pilkada sudah melaksanakan piket di Sekretariat  Desk Pilkada 1 X 24 jam. 

 

Menurutnya  pembentukan Desk Pilkada tingkat provinsi  akan membantu pengawasan proses tahapan pilkada serentak yang pencoblosannya akan digelar 27 Juni 2018 mendatang. Diharapkan pilkada nanti berjalan jujur dan adil dengan menegakkan asas langsung, umum, bebas dan rahasia. "Deks Pilkada memiliki peran yang strategis untuk mewujudkan pilkada secara adil dan jujur. Karena itu diperlukan dukungan semua pihak bersama pemerintah daerah untuk menyukseskan pilkada dengan lancar dan aman," kata Yudha Pranoto.

 

Untuk pembentukan Desk Pilkada kabupaten/kota, Yudha mengaku belum menerima laporan.  Walaupun demikian pihaknya sudah menginstruksikan agar Badan Kesbangpol di kabupaten dan kota segera membentuk Desk Pilkada sebagai bentuk dukungan terhadap  pemerintah daerah menyambut pesta demokrasi yang bertujuan melakukan  pemantauan, menginventarisir permasalahan, memberikan saran dan melaporkan kepada pemerintah secara berjenjang terkait  pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. "Tanggal 30 Januari mendatang kami akan menggelar rapat koordinasi di Balikpapan. Dari sana nanti akan diketahui, kabupaten dan kota mana saja yang sudah membentuk Desk Pilkada," sebut Yudha.

 

Bagi kabupaten/kota yang sudah terbentuk, Yudha Pranoto mengharapkan kiranya bisa melaksanakan tugasnya, diantaranya  memantau dan melaporkan perkembangan pemuktahiran data,  memantau dan melaporkan hal-hal lain yang berkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan pilkada. "Selain melaksanakan tugasnya, kita harapkan Desk Pilkada juga melakukan sosialisasi terkait tahapan-tahapan Pilgub Kaltim agar Pilgub Kaltim berjalan lancar dan aman," pungkas Yudha Pranoto. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait