Dinkes Kaltim Lakukan Berbagai Kegiatan

Peringatan HKN ke 51 Tahun 2015

SAMARINDA - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tahun ini  akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Rini Retno Sukesi mengatakan, dalam peringatan HKN setiap 12 November tersebut,  ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di provinsi maupun kabupaten/kota.

Diantaranya di Kota Samarinda sudah melaksanakan  kegiatan berupa bakti sosial di Stadion Madya Sempaja serta kegiatan  ikrar kader Jumantik (juru pemantau jentik) dengan melibatkan 250 sekolah dan 1.200 orang yang berlangsung di GOR Segiri, Sabtu (10/10) lalu.

"Untuk provinsi, acara puncak dilaksanakan pada 12 Novenber dengan pelaksanaan apel di halaman Kantor Gubernur Kaltim yang akan dirangkai dengan pencanangan generasi cinta sehat dan  penyerahan penghargaan lomba tenaga kesehatan teladan dan  penghargaan lomba posyandu," kata Rini Retno Sukesi, Senin (12/10).

Selain kegiatan tersebut, lanjut Rini,  nantinya juga akan dilakukan pencanangan kawasan bebas asap rokok, dimana saat ini, Dinas Kesehatan juga telah melakukan penilaian terkait Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim Nomor 1 Tahun 2013  Tentang Kawasan Bebas Asap Rokok  di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Hal itu rutin dilakukan setiap  peringatan HKN, sebagai upaya menerapkan kawasan bebas asap rokok  pada dinas/instansi di lingkup Pemprov Kaltim. Langkah ini untuk mengetahui sejauh mana ketertiban para penikmat rokok terhadap peraturan yang sudah dikeluarkan. 

Kemudian, ada kegiatan seminar dan workshop  dan beberapa kegiatan lainnya seperti kampanye tentang generasi cinta sehat dan gerakan massal cuci tangan pakai sabun.

"Selain itu, juga ada olahraga jalan sehat, futsal, tenis meja, bulu tangkis dan cabang olahraga lainnya," kata Rini.

Sedangkan dalam rangka peningkatan  ASI (air susu ibu) ekslusif, Rini menjelaskan, Dinas Kesehatan juga akan mengadakan lomba "Ayah ASI Ekslusif". Seperti diketahui, ASI biasanya diberikan oleh sang ibu, tetapi bagaimana peran ayah terhadap  keberhasilan seorang ibu dalam memberikan ASI ekslusif terhadap bayinya itu yang akan dinilai.

"Mudah-mudahan lomba  Ayah ASI Ekslusif yang akan digelar tersebut dapat meningkatkan pencapaian ASI ekslusif di Kaltim menjadi lebih baik lagi," katanya. (mar/sul/hmsprov)   

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam kampanye kawasan bebas asap rokok. (dok/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation