Disbun Ubah Situs Web

-Tingkatkan Pelayanan/Penyajian Informasi


SAMARINDA–Sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak agar setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) mampu berinovasi dan berkreasi, terutama yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik maka Dinas Perkebunan (Disbun) telah melakukannya melalui pembaharuan situs website (web).
“Perubahan  situs web dilakukan sebagai langkah menuju penerapan e-Government (e-Gov) sekaligus menjawab keinginan Gubernur Kaltim dalam upaya penyajian informasi dan pelayanan yang cepat, mudah dan murah bagi masyarakat,” kata Kepala Disbun Kaltim Etnawati, Selasa (9/4).
Menurut Etnawati, melalui informasi yang selalu disajikan di situs web,  maka kondisi suatu lembaga atau instansi akan tergambar dengan jelas. Langkah ini sekaligus menjadi salah satu upaya mengembangkan pelayanan untuk memanfaatkan sistem teknologi informasi (information technology/IT).
Diakuinya, Disbun Kaltim telah lama memiliki situs web, namun saat ini terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan aksesnya. Tujuannya, tak lain  untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat.
Seiring  dengan pencanangan tahun 2013 sebagai tahun peningkatan kinerja dan prestasi oleh Gubernur Awang Faroek, maka Disbun selaku SKPD teknis berupaya menyajikan informasi cepat, mudah serta transparan bagi masyarakat.
Khususnya informasi yang berkaitan dengan komoditi perkebunan/pertanian melalui situs web yang awalnya beralamat  http://perkebunan.kaltimprov.go.id, kini menjadi http://disbun.kaltimprov.go.id.
Selain sebagai media informasi lanjutnya, website Disbun juga berfungsi untuk mempermudah tugas aparat pemerintahan melalui pemanfaatan berbagai aplikasi mulai dari sertifikasi benih dan kebun benih online,  forum pengaduan masyarakat online dan tugas-tugas lainnya.
Ditambahkannya, pelayanan dan penyajian informasi Disbun Kaltim telah diakui secara nasional. Terbukti pada tahun 2005, 2011 dan 2012, situs web Disbun Kaltim meraih peringkat II  nasional untuk kategori Dinas Pertanian Provinsi lingkup Kementerian Pertanian.
“Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi publik. Prestasi ini menjadi pemantik semangat agar lebih meningkatkan pelayanan informasi perkebunan berbasis web,” harap Etnawati. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait