Disdikbud Gelar FLS2N

Ist

SAMARINDA - Guna mengembangkan bakat dan minat serta kreasi dalam bidang seni siswa di daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim melaksanakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2020 secara daring.

Plh Kepala Disdikbud Kaltim Healthyana Martha Mou mengatakan FLS2N yang diselenggarakan setiap tahunnya, tidak hanya berorientasi pada kejuaraan. Tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan sebagai pengalaman belajar (learning experience).

"Memang benar dalam FLS2N ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan. Tetapi pada dasarnya ajang pembelajaran terutama olah pikir, olah hati dan olah rasa serta pengembangan talenta, sikap dan kepribadian siswa," kata Healthyana Martha Mou, saat membuka FLS2N secara daring di Ruang Kersik Luway Disdikbud Kaltim, Rabu (12/8).

 


Ditambahkan, FLS2N ini merupakan wahana unjuk keterampilan bidang seni bagi siswa- siswi SMK perwakilan dari kabupaten dan kota se Kaltim. Seni, lanjutnya, akan mengungkapkan beragam rasa, karsa, naluri dan pikiran yang semuanya berpusat pada nilai estetis. 
"Melalui FLS2N, maka siswa-siswi SMK selain terampil juga harus kreatif, kritis sesuai perkembangan ilmu dan teknologi," ujarnya.

 

 

Healthyana menegaskan FLS2N moment tepat dan sangat berharga bagi anak didik untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus memberikan pengalaman belajar yang baik, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Kabid Pembinaan SMK Idhamsyah menjelaskan FLS2N bertujuan membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

 


FLS2N jenjang SMK tingkat Provinsi Kaltim tahun 2020 meliputi enam bidang lomba. Yakni, Lomba Film Pendek, Menyanyi Solo, Musik Tradisi Daerah, Gitar Solo, Tari Tradisional dan Monolog diikuti perwakilan sembilan kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Mahulu.

"Pemenang masing-masing bidang akan mewakili Kaltim pada ajang tingkat nasional," papar Idhamsyah. (mar/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait