Dishub Kaltim Siap Cetak SDM Pelayaran Go Internasional

Dishub Kaltim Siap Cetak SDM Pelayaran Go Internasional

 

SAMARINDA- Dinas Perhubungan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMK Negeri Pelayaran Kalimantan bertekad mencetak sumber daya manusia (SDM) pelayaran yang berkualitas.  

Karena itu, ke depan mutu SDM tenaga pengajar hingga peserta didik yang diterima di SMK Negeri Pelayaran ini terus ditingkatkan. Termasuk, sarana dan prasarana  sekolah. Bahkan, tahun ini UPTD SMK Negeri Pelayaran bertekad mewujudkan akreditasi sekolah menjadi sekolah bertaraf internasional atau approval.

“Untuk mewujudkan sekolah bertaraf internasional tentu tidak mudah, meski  sekolah ini sudah meraih Akreditasi A. Jadi, dengan status approval, maka Kaltim akan mampu mencetak SDM pelayaran yang lebih berkualitas. Status tersebut masih kami perjuangkan dan semoga tahun ini bisa terwujud,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain melalui Kepala UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan Priambodo Prakoso di Samarinda, Sabtu (19/7).

Dengan adanya status tersebut, maka Kaltim melalui UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan dapat melakukan ujian sendiri. Karena telah diakui dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan tentang program pendidikan dan pelatihan kepelautan.

Mewujudkan status tersebut, maka UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan wajib meningkatkan terlebih dulu kualitas tenaga pengajar yang dimiliki, termasuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Saat ini kami sudah memiliki sejumlah kelengkapan pendukung untuk mewujudkan status approval, antara lain alat praktek pelayaran dan media komunikasi, serta guru-gurunya lulusan sarjana. Jika, sekolah ini telah menjadi approval, maka sekolah ini dapat dikenal di seluruh dunia dan lulusan kita bisa bekerja di perusahaan pelayaran luar negeri,” jelasnya.

Dengan status tersebut, maka sekolah ini bisa melakukan ujian kejuruan secara mandiri, sehingga tidak harus melakukan ujian di luar daerah. Karena, tahun sebelumnya sekolah ini melakukan ujian kejuruan atau ujian teknik dan nautik di Surabaya.

Karena itu, UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan bertekad untuk menyiapkan SDM yang berkualitas. Misal, meningkatkan kualitas akademik siswa dan SDM tenaga pengajar. “Jadi, kami berharap lulusan dari sekolah ini bisa go internasional, yakni bisa bersaing dengan SDM di luar Pulau Kalimantan,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait