Disiplin dan Kinerja Harus Ditingkatkan

Disiplin dan Kinerja Harus Ditingkatkan

 

SAMARINDA - Memasuki tahun baru 2015, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim diminta meningkatkan  disiplin dalam pelaksanaan  tugas dan fungsi  penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tahun baru, semangat baru. Momentum ini harus bisa memberikan nuansa baru, khususnya kepada PNS di lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota.  Kita hadir sebagai PNS harus bisa menyukseskan program pembangunan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semangat jangan sampai kendor sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," tegas Asisten Administrasi Umum Meiliana, saat mendampingi  Wagub Mukmin Faisyal dan Plt Sekprov Rusmadi melakukan sidak ke sejumlah SKPD Pemprov Kaltim, Jumat lalu.

Meiliana menambahkan, tahun 2014 lalu  telah dicanangkan sebagai Era Kinerja. Sebab itu, kinerja secara terukur harus menjadi rujukan utama penyelenggaraan pemerintahan ke depan, dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pelaporan. Pada 2015 dan selanjutnya pencapaian kinerja pemerintahan harus lebih ditingkatkan.

“Dalam lima tahun ke depan peran pengawasan dan pengendalian  harus makin ditingkatkan untuk mendorong pencapaian kinerja pembangunan, termasuk pembinaan, supervisi dan bimbingan teknis oleh SKPD provinsi kepada SKPD kabupaten/kota,” jelasnya.

Pemprov Kaltim akan terus berupaya meningkatkan disiplin kerja PNS. Karena itu, setiap pejabat eselon harus terus melakukan pembinaan kepada PNS di lingkungan masing-masing. Akuntabilitas kinerja pemerintahan di daerah diharapkan berkorelasi positif dengan peningkatan pelayanan publik.

Menurutnya, perkembangan jaman saat ini menuntut kualitas aparatur pemerintahan yang andal dan berkualitas agar mampu secara efektif dan konsisten memberikan pelayanan administrasi pemerintahan terbaik. Apalagi, tuntutan masyarakat dewasa ini kian kritis dan sangat beragam menuntut kerja keras dan kerja cerdas aparatur pemerintahan.

"Setiap aparatur pemerintah harus bekerja dengan disiplin yang tinggi serta mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik sehingga tercipta pemerintahan yang baik dan bersih," pungkas Meiliana. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation