Diskominfo Minta Dukungan Maksimalkan Penyebarluasan Informasi

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim telah meminta dukungan pendanaan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) untuk memaksimalkan peran penyebarluasan informasi publik ke seluruh Kaltim.
Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani mengatakan pihaknya telah melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPRD Kaltim dalam rangka menyampaikan usulan program Diskominfo beserta mitra kerja pada APBD Perubahan 2013.
“Banyak pekerjaan yang harus dilakukan berkaitan penyebarluasan informasi ke seluruh wilayah Kaltim seiring penyelenggaran Pemilu Gubernur, Legislatif dan Pemilu Presiden mulai 2013 hingga 2015,” ujarnya.
Dirinya berharap berbagai usulan dapat ditampung dan didukung dengan penganggaran. Demikian juga berbagai masukan dari DPRD Kaltim sangat dibutuhkandan disikapi sebagai acuan perencanaan dan melaksanakan program kegiatan.
Dijelaskanya, salah satu peran peran Diskominfo adalah melaksanakan salah satu urusan wajib bidang komunikasi dan informasi, khususnya terkait penyebarluasan informasi publik bersama mitra kerja, yakni RRI Samarinda dan TVRI Kaltim.
Dukungan pendanaan tersebut diantaranya untuk pembangunan satu tower atau menara telekomunikasi dari tiga rencana tower yang akan dibangun di kawasan perbatasan.
Pembangunanya selain untuk membuka keterisoliran akses telekomunikasi, juga sebagai upaya fasilitasi perluasan jangkauan siaran RRI yang cakupannya hanya mencapai 70 persen.
“Kondisinya, belum semua wilayah perbatasan dan pedalaman di Kaltim dapat menangkap siaran radio dan televisi. Kalau TVRI kita sudah kerjasamakan menyewa satelite, sehingga sudah bisa dijangkau seluruh masyarakat Kaltim yang memiliki parabola. Sementara radio masih terbatas,” ujarnya.
Rapat dengar pendapat dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Pdt Yefta Berto dengan dihadiri beberapa anggota. Sementara Diskominfo dipimpin Abdullah Sani  dengan menghadirkan jajaran RRI Samarinda, TVRI Kaltim, Komisi Informasi Kaltim dan PWI Cabang Kaltim.(yul/hmsprov).

////Foto : Abdullah Sani

Berita Terkait