Disnak Gelar Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis

Disnak Gelar Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis

 

SAMARINDA–Dalam rangkaian pelaksanaan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan (BBP Keswan) tingkat provinsi, Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim menggelar pelayanan kesehatan gratis khususnya vaksin rabies bagi hewan peliharaan milik masyarakat.

Kepala Disnak Kaltim H Dadang Sudarya mengatakan tahun ini isntansinya kembali menggelar pelayanan kesehatan hewan melalui vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan secara gratis di Klinik Kesehatan Hewan di Kantor Disnak Jalan Bhayangkara Samarinda.

“Pelayanan kesehatan hewan dilakukan di Klinik Kesehatan Hewan dan di lapangan yang dilakukan sejak Agustus hingga September yang puncaknya dilaksanakan pada Selasa (23/9) di halaman Kantor Disnak Kaltim,” ujar Dadang Sudarya, Jumat (19/9).

Menurut Dadang, pelayanan gratis bagi hewan peliharaan masyarakat melalui vaksinasi rabies agar hewan peliharaan terhindar dari penyakit penyebar rabies.

“Sekaligus memotivasi masyarakat agar secara rutin memeriksa serta memaksin hewan peliharaannya,” ungkapnya.

Peringatan atau penyelenggaraan Bulan Bhakti Peternakan dan Keswan  tahun ini dirangkai dengan kegiatan lomba masakan berbahan produk peternakan baik daging sapi, ayam maupun telor, termasuk gerakan makan daging, telur dan minum susu bersama anak sekolah.

Terlebih penting lagi ujar Dadang, momen kali ini dilakukan MoU antara Pemprov Kaltim dengan perusahaan batubara khususnya pemanfaatan lahan eks tambang batubara untuk mendukung pengembangan peternakan untuk program pencapaian dua juta ekor sapi Kaltim.

Selain itu, BBP Keswan diisi ekspo sebagai promosi pembangunan peternakan yang diikuti dinas/instansi  peternakan kabupaten dan kota serta UPTD lingkup Disnak Kaltim dan pihak swasta dan pelaku usaha peternakan.

Terutama pelaku usaha peternakan di bidang perbibitan ternak ayam dan pakan ternak serta pelaku usaha pengolah pangan asal ternak di daerah. “Ikut pula perguruan tinggi selaku akademisi yang terlibat dalam pembangunan dan pengembangan peternakan,” ujar Dadang.

Dadang menyebutkan tema nasional peringatan BBP Keswan tahun ini “Dengan gerakan menanam hijauan makanan ternak lokal kita tingkatkan produktivitas ternak dalam mewujudkan kesejahteraan peternak”.

Sementara itu subtema di daerah yakni dengan gerakan menanam hijauan pakan ternak dan gerakan pelayanan terpadu peternakan kita tingkatkan produktivitas ternak menuju dua juta ekor sapi.

“Penanaman hijauan makanan ternak (HMT) melalui penanaman bibit unggul di beberapa kelompok petani ternak guna mendukung perwujudan populasi dua juta ekor sapi Kaltim. Sebab, tanpa pakan berkualitas maka program ini sulit terwujud,” ujar Dadang Sudarya. (yans/sul/hmsprov)

/// Poto : Dadang Sudarya

 

Berita Terkait
Government Public Relation