Disnak Periksa Kesehatan Hewan Qurban

ist

SAMARINDA - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan H Dadang Sudarya didampingi Sekretaris Woro Triani serta Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kota Samarinda drh Arifin Mustofa melakukan pemeriksaan dan pengawasan hewan qurban, Kamis (1/8/2019).

Ikut mendampingi Kabid Pasca Panen dan Kesmavet Sulastri dan Tim Pemeriksa dan Pengawas Hewan dan Daging Qurban Kaltim.

Target pertama Tim yakni Kelompok Tani Kandang Hijau Desa Purwodadi Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara  diketuai  Moko Prasetyo. Poktan ini memiliki 40 sapi jantan plus satu betina dan 1 pedet.

Selanjutnya, Kelompok Ternak Damarwulan Kelurahan Mugirejo Kecamatan Samarinda Utara yang diktuai Minarko memiliki ternak 225 sapi (sisa 25 ekor) selebihnya sudah terjual.

Diakui Dadang, kegiatan tim ini untuk memastikan hewan qurban dalam keadaan yang sehat baik di kandang penampungan maupun kandang-kandang pemeliharaan. "Kita ingin memastikan hewan qurban yang diperjualbelikan di Kaltim dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi masyarakat," ujar Dadang.

Dadang mengungkapkan pemeriksaan bisa dilakukan dua kali. Yakni, saat hidup atau sebelum penyembelihan (antemortem) dan saat mati atau setelah penyembelihan (post mortem). "Sebetulnya, saat hewan akan dikirim terlebih dulu diperiksa Karantina daerah asal tetnak. Selanjutnya, saat akan masuk ke Kaltim, kembali diperiksa pihak Karantina daerah tujuan. Jadi hewan-hewan ternak tersebut  bisa dipastikan aman. Artinya, sehat atau bebas penyakit," ungkap Dadang.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation