Dispar Gelar Go Wisata Jejak Perjuangan

Ist

Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia,  17 Agustus 2020 dengan menggelar Go Wisata bersepeda menyusuri Jejak Perjuangan Merah Putih di Sanga Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (17/8/2020).

 

Kepala Dispar Kaltim Sri Wahyuni mengakui Go Wisata Juang Sanga Sanga adalah salah satu program dalam reaktivasi wisata domestik di bulan Agustus melalui kegiatan Merah Putih Bike Trip Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

"Kegiatan dimulai dengan membersihkan Tugu Pembantaian Sanga Sanga," kata Sri Wahyuni, Rabu (19/8/2020).

 

Konon lanjutnya, tugu ini merupakan tempat pembakaran sampah yang digunakan sebagai tempat pembantaian bagi para pejuang Sanga Sanga saat merebut kemerdekaan. "Oleh sebab itu dinamakan Tugu Pembantaian," ujar Sri. 

 

Gowes berlanjut ke Makam Pahlawan Wadah Batuah, Penjara Sanga Sanga, Tugu Palagan dan berakhir di Monumen Pertahanan yang dikenal Monumen Perjuangan.

 

Tidak hanya bersepeda, peserta Go Wisata diajak mengikuti rangkaian upacara Kemerdekaan RI di Monumen Perjuangan mulai detik detik proklamasi, pembacaan proklamasi hingga pengibaran bendera Merah Putih. 

 

"Prosesi sangatlah sederhana, berjalan hikmat dan lancar dengan disiplin, peserta gowes diajak berwisata napak tilas guna mengenang jejak perjuangan pahlawan 75 tahun silam di Kecamatan Sanga sanga," ungkap Sri.

 

Gowes diikuti pegawai Dispar Kaltim, Komunitas Peduli dan Pemerhati Sejarah Sanga-Sanga (KOMPAS) dan Mamanda Team. (yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait