Disperindagkop Canangkan Seribu Wirausahawan Muda

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM Kaltim  memprogramkan pelatihan bagi kalangan muda untuk menciptakan  seribu para pengusaha muda, sehingga dapat tercipta lapangan kerja baru, seiring dengan terbentuknya kegiatan usaha  di daerah ini.


“Pencanangan Program Seribu Wirausahawan Muda rencananya dilaksanakan pada Maret tahu ini, “ kata Kepala Disperindagkop Kaltim, H. Mohammad Djaelani saat ditemui disela-sela rapat dengar pendapat dengan DPRD Kaltim, Senin (4/2).


Menurut dia,  program Seribu Wirausahawan Muda ini bertujuan untuk mencetak pengusaha muda sejak dini untuk mengelola berbagai usaha, baik di sektor industri, perdagangan dan kopersi serta kegiatan usaha kecil menengah (UMKM) lainnya.


 “Kegiatan pelatihan tersebut akan memberikan materi dan pelatihan kepada para wirausahawan muda dari seluruh Kaltim. Sehingga memperoleh bekal pengetahuan dan berbagi pengalaman untuk melakukan kegiatan usaha,” ujarnya.


Para peserta yang mengikuti program ini, adalah anak muda yang memiliki usaha atau yang belum memulai usaha  serta diutus dari kabupaten/kota ataupun melalui undangan dari Disperindagkop provinsi.


Lanjut Djaelani, tidak dapat dipungkiri, sektor industri, perdagangan dan koperasi UMKM adalah sektor yang paling tahan terhadap terpaan gejolak ekonomi nasional dan internasional.


Apalagi industri yang dikelola usaha kecil,  umumnya adalah industri rumahan yang tersebar luas dan memakai tenaga kerja orang-orang di sekitar lingkungan usaha tersebut berada.


“Kita berharap, akan tumbuh wirausahawan muda yang tangguh dan dapat membuka lapangan kerja baru yang  bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.(yul/hmsprov).

////Foto : , H. Mohammad Djaelani
 

Berita Terkait