Dispora Kaltim Kirimkan Tiga Pemuda Ikut LNRPB/KPN

SAMARINDA - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim akan mengirim tiga pemuda terbaik untuk mengikuti kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN) dalam rangkaian Sail Karimata 2016 di Kalbar pada 25 September hingga 19 Oktober tahun ini.

Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan bahwa tiga pemuda terbaik yang akan dikirim tersebut akan dipilih melalui proses penyeleksian yang telah digelar mulai Rabu (1/6) hingga Jumat (3/6) mendatang di Kantor Dispora Kaltim.

"Dua putra dan satu putri akan dipilih melalui proses seleksi untuk ikut kegiatan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam rangka Sail Karimata 2016," katanya.

Dalam proses seleksi, para peserta yang berasal dari organisasi kepemudaan, Pramuka, mahasiswa dan karang taruna ini akan menempuh tahapan seleksi yang meliputi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, tes fisik dan mental dan tes renang. Selain itu, para peserta juga akan mengikuti tes wawancara.

"Para peserta harus bisa menguasai kesenian daerah masing-masing dan wawasan kebangsaan," katanya.

Sedikitnya 19 peserta telah ikut dalam kegiatan seleksi peserta LNRPB/KPN yang dilakukan oleh Tim Seleksi (Timsel) yang berasal dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim, Dinas Pariwisata Kaltim, Pelatih renang UPTD SKOI Kaltim, IAIN Kota Samarinda dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaltim Abdul Wahab Sjaranie.

"Timsel ini merupakan orang yang memiliki pengetahuan luas akan keilmuan yang diujikan. Sehingga, pemuda yang terpilih nantinya merupakan wakil terbaik untuk Kaltim," katanya.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan LNRPB/KPN dalam rangka Sail Karimata 2016 ini sebagai salah satu langkah awal pemerintah untuk menanamkan rasa cinta terhadap nilai-nilai kemaritiman. Sehingga, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta untuk lebih mengenal kawasan kelautan di  negeri sendiri.

"Kegiatan ini akan meningkatkan motivasi para generasi muda untuk membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan laut, baik dibidang produk maupun jasa dan membimbing generasi muda sebagai kader pemimpin bangsa yang mampu bertanggung jawab pada diri sendiri serta bertanggungjawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara dimasa datang," katanya. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait