Dispora Monitoring Rekrutmen Peserta Paskibraka

Dispora Monitoring Rekrutmen Peserta Paskibraka

 

SAMARINDA – Untuk menyamakan pola rekrutmen dan keseragaman dalam memenuhi standarisasi peserta pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), maka Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melakukan monitoring di tingkat kabupaten dan kota.

“Kita lakukan monitoring ke kabupaten dan kota untuk standarisasi perekrutan peserta paskibraka di daerah,” kata Kepala Dispora Kaltim H Fachruddin Djaprie pada Pelatihan Pembina Paskibraka di Samarinda, Senin (9/11).

Monitoring lanjut Fachruddin, sebagai upaya meningkatkan sinergitas antara Dispora provinsi dengan kabupaten dan kota termasuk Purna Paskibraka Indonesia (PPI), sehingga calon-calon Paskribaka Kaltim lebih berkualitas dan sesuai standar.

Peserta Paskibraka dari kabupaten dan kota yang akan menjadi petugas di tingkat provinsi dan nasional haruslah merupakan orang-orang terpilih karena keunggulan dan kemampuan mereka.

Karenanya, petugas Paskibraka yang terdiri dari para siswa dan siswi tingkat pendidikan atas (SMA) yang dipilih harus memenuhi syarat sesuai standar. Maka, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait bertanggungjwab dalam perekrutan calon.

“SKPD yang membidangi kepemudaan utamanya Dispora kabupaten dan kota harus secara selektif melakukan perekrutan. Sementara kami akan melakukan pendampingan sekaligus pembinaan ke daerah-daerah,” jelas Fachruddin.

Dia mengakui selama ini masih banyak daerah yang merekrut juga mengirimkan calon peserta Paskibraka ke tingkat provinsi belum sesuai dan belum memenuhi standar yang dipersyaratkan diantaranya kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan.

“Terbukti kita kalau mengirimkan hasil seleksi provinsi untuk ke tingkat nasional selalu kalah dengan daerah lain baik fisik, kemampuan maupun keterampilannya. Ke depan kami ingin ada kesamaan persepsi dan pola dalam perekrutan calon Paskibraka di daerah,” harap Facruddin.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda H Syahril mengemukakan pelatihan bagi Pembina Paskibraka kabupaten dan kota dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam penyamaan pola perekrutan calon Paskibraka di daerah.

“Peserta terdiri dari pejabat kepala bidang dan kepala seksi dari SKPD kabupaten dan kota yang membidangi maupun menangani kepemudaaan. Khususnya bidang pembinaan Paskibraka di daerah,” ujar Syahril.

Training of trainer bagi Pembina Paskibraka di Kaltim dilaksanakan selama tiga hari (9-11 Nopember) diikuti 30 pejabat eselon III dan IV dari Dispora kabupaten dan kota atau instansi yang membidangi kepemudaan. (yans/sul/hmsporv)

Berita Terkait
Government Public Relation